Minggu, Juni 23, 2024
BerandaHeadlineGempa Terkini M 3,5 Guncang Sumedang

Gempa Terkini M 3,5 Guncang Sumedang

Link, Jakarta – Wilayah Provinsi Jawa Barat kembali diguncang gempa. Gempa terkini berkekuatan magnitudo 3,5 mengguncang Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (18/5) dini hari.

Guncangan terasa di beberapa wilayah di sekitarnya seperti Cimalaka, Situraja, Jatimulya dan Bandung.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 02.54WIB.

Pusat gempa berada di darat, 5 km dari Timurlaut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 4 km. Lokasi gempa berada di koordinat 6,82 Lintang Selatan dan 107,94 Bujur Timur.

Gempa dirasakan pada Skala II MMI di Bandung, III MMI di Jatimulya, Situraja, Cimalaka. Guncangan dengan skala III-IV terasa di Sumedang Utara dan Sumdang Selatan.

Skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sementara, Skala IV MMI artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Baca juga  Bencana Alam Ancam Kabupaten Banjar di Musim Hujan

Belum ada laporan mengenai dampak atas peristiwa itu.

Sebelumnya, Gempa bumi dengan kekuatan M4,2 menguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat Rabu (1/5/2024) pukul 10.06 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat gempa berada pada kedalaman 4 kilometer.

Gempa dengan kekuatan magnitude (M) 4,2 terjadi di Kabupaten  Bandung. Pusat gempat berada di darat.

Getaran gempa dirasakan dengan skala MMI pada wilayah Majalaya, Cibereum, Pangalengan, Garut dan Soreang dengan skala III, III, III, III dan II. Skala MMI yang dirasakan adalah III yang artinya gempa dirasakan oleh beberapa orang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.  (spy)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER