Harga Cabe, Tomat dan Bawang Merah Melambung

Facebook
Twitter
LinkedIn
NAIK: Harga sejumlah komoditi sayuran naik. (ita/link)

Link, Banjarbaru – Dimasa pendemi sekarang ini, bukan hanya masalah langkanya minyak goreng yang dihadapi para ibu rumah tangga. Harga sejumlah komoditas bumbu dapur di Pasar Bauntung Banjarbaru seperti tomat, cabai merah dan bawang juga mengalami kenaikan signifikan.

Sabtu (19/2/2022), Nurul salah seorang pedagang di Pasar Bauntung Banjarbaru, mengatakan, sudah kurang lebih satu minggu komoditas cabai tersebut mengalami kenaikan harga.

“Sayur mayur dari jawa semuanya naik mbak seperti Cabe Rawit Rp 80 ribu jadi Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu per kilo,  cabe merah, hijau dan cabe keriting juga mengalami kenaikan menjadi Rp40 ribu,” tuturnya.

Baca Juga  Tolak Kenaikan BBM Aliansi Mahasiswa Banjarbaru Unjuk Rasa

Selain Cabe kata Nurul, bawang merah yang dijualnya mengalami kenaikan dari harga Rp28 ribu jadi Rp35 ribu, bawang putih semula Rp25 ribu jadi Rp28 ribu, tomat juga naik dari Rp10 ribu menjadi Rp13 ribu per kilonya.

Menurutnya, kenaikan harga di sebabkan karena mendekati bulan Ramadhan dan dampak dari pandemi covid-19,  yang menyebabkan pengiriman dari Malang ke Banjarbaru terhambat.

“Dampak dari covid-19 berpengaruh kan di kebunnya sama di pengiriman, kalo di kebun banyak petani yang di berhentikan, pengiriman juga terhambat sama PPKM jadi naik harganya apalagi sedang mendekati bulan Ramadhan,” tambahnya. (Ita/BBAM)