Sabtu, Februari 24, 2024

Jelang Ramadhan, Tim Satgas Pangan Gelar Rakoor

Link, Martapura – Tak berapa lama lagi, bulan suci Ramadhan tiba. Seperti biasa kebutuhan persediaan bahan pangan menjadi perhatian pemerintah. Begitu juga di Kabupaten Banjar yang dikenal dengan ragam kulinernya saat Ramadhan.

Jelang Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menggelar rapat koordinasi Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Tahun 2023, di Aula Barakat Martapura, Selasa (7/03/2023) pagi.

Sekda Banjar HM Hilman yang juga merupakan Ketua Tim Satgas Pangan Kabupaten Banjar menerangkan, rakor bertujuan untuk menyiapkan langkah-langkah strategis agar bahan pangan tersedia dan dijangkau oleh masyarakat jelang Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1444 H.

“Kami berharap melalui rakor ini bisa menyamakan persepsi tentang tugas tim satgas pangan di daerah, jangan sampai saling tumpang tindih. Tugas kami adalah menjaga agar bahan pokok yang sekarang di butuhkan pada saat bulan suci Ramadan tidak terjadi kelangkaan atau tidak terjadi kenaikan yang tidak diharapkan,” ucapnya.

Baca Juga  Kasus Perjadin, LSM KPK-APP Tuding Kejari Tak Serius

Sementara Kepala DKPP Ahmadi mengatakan, pihaknya bersama tim satgas dalam waktu dekat akan melakukan monitoring sekaligus mendata ketersedian stok pangan serta memastikan tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

” Kami akan melakukan pemantauan harga 11 komoditi pangan di pasar jelang Ramadan. Juga mengimbau kepada para pedagang agar tidak menaikan harga diluar kewajaran dan kepada para pengunjung pasar agar tidak melakukan aksi borong supaya tidak terjadi panic buying yang menimbulkan gejolak harga tidak stabil,” pungkasnya.(oetaya/BBAM)

BERITA POPULER