Kata Kadisdik ABK Bisa Masuk Sekolah Umum

Facebook
Twitter
LinkedIn
ABK bisa masuk sekolahan umum

Link, Banjarbaru – Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kota Banjarabaru, berhak meraih dan mengenyam pendidikan selayaknya sebagaimana warga negara pada umumnya. Untuk itu, beberapa sekolah umum di Kota Banjarbaru saat ini menerima siswa yang berkebutuhan khusus.

Dedy Sutoyo Kepala Dinas Pendidikan (Diskdik) Kota Banjarbaru menjelaskan, sudah beberapa tahun belakangan ini sekolah umum di Kota Banjarbaru menerima ABK.

“Sebelum mereka mendaftar ke sekolahan yang mereka tuju, mereka harus mengikuti asesmen. Gunanya agar, kami bisa merekomendasikan sekolahan mana yang tepat untuk siswa, sesuai dengan kebutuhan siswa tersebut,” ungkap Dedy.

Test asesmen ini paparnya lebih jauh, difasilitasi langsung oleh Disdik Banjarbaru dan tidak dipungut biaya. Dalam assesmen peran keterbukaan orang tua sangat diperlukan, agar siswa nantinya bisa mendapatkan sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah.

Baca Juga  Filosofi, Logo dan Makna Tema Besar HUT Kemerdekaan RI ke-77

“Kami juga sudah menyediakan beberapa guru pendamping khusus (gpk), dibeberapa sekolahan yang menerima siswa inklusif atau ABK. Namun, jika ada orang tua yang ingin anaknya sekolah di sekolahan yang belum ada GPK nya, maka kami akan langsung menyediakannya,” jelasnya.

Ia pun, mengungkapkan tidak semua siswa inklusi bisa diterima di sekolah umum. Untuk siswa yang berkebutuhan total atau istemewa maka disarankan langsung ke Sekolah Luar Biasa, jika hanya berkebutuhan khusus maka masih bisa diterima.(wahyu/BBAM)