Senin, Maret 4, 2024

Kementrian PUPR Klaim Pembangunan IKN Sudah 25%

Link, Jakarta – Pembangunan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur terus berlanjut. Bahkan saat ini pembangunan infrastruktur melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diklaim 25 persen telah tuntas.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan progres pembangunan fisik infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mencapai 25 persen. Adapun pembangunan infrastruktur fisik yang telah berjalan berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seperti kantor presiden dan istana presiden.

Selain itu, ada juga kantor untuk empat menteri koordinator, kompleks perumahan menteri, jalan tol, jalan arteri, bendungan, sumbu kebangsaan, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), instalasi pengolahan sampah, instalasi pengolahan air minum, dan infrastruktur lainnya.

“Kalau ini dulu hasil sayembara yang namanya Negara Rimba Nusa, yang sekarang jadi apa? Sekarang sudah kaya gini, seperti pembangunan istana, di titik yang sama kita pakai drone, jadinya sudah begitu,” ujar Basuki di Komplek Istana dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (5/4).

Baca Juga  Pemerintah Kerajaan Inggris Siap Dukung IKN

Dengan progres pembangunan ini, ia optimis rencana upacara bendera Merah Putih di IKN pada Agustus 2024 mendatang bisa berjalan sesuai jadwal. Hal tersebut sesuai dengan yang direncanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, Jokowi juga telah memerintahkan dirinya untuk merinci peta IKN sehingga investor yang hendak membangun perumahan maupun fasilitas pendukung lainnya di IKN dapat terpetakan.

Peta rinci mengenai IKN itu akan mendeskripsikan lokasi hunian rumah, hunian vertikal, hutan kota, jalur hijau, komersial, olahraga, perkantoran pemerintah, pendidikan, peribadatan, fasilitas kesehatan, hingga taman. Dengan rincian tersebut, investor potensial dapat memetakan letak fasilitas atau hunian yang akan dibangun.

“Jadi ini ada tempat komersial, yang warna kuning itu permukiman dan komersial, yang biru-biru ini perkantoran. Jadi tujuannya itu beliau (presiden) ngecek, nanti setelah Lebaran beliau mudah-mudahan akan ke sana,” pungkas Basuki.(spy/net)

BERITA POPULER