Layanan Bedah RSDI Berstandar Internasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
pelayanan bedah menggunakan standar internasional

Link, Banjarbaru – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru terus mendorong kemajuan pesat pada layanan perawatan luka demi memastikan pelayanan yang optimal terhadap para pasiennya.

Dokter Dyah Paramita,Sp.B selaku dokter spesialis di poliklinik bedah RSD Idaman Kota Banjarbaru memastikan bahwa layanan pihaknya telah menggunakan metode yang modern berstandar internasional.

“Saat ini kami menggunakan metode modern dressing sesuai standar internasional. Metode ini ialah perawatan luka berbasis lembab atau moist wound healing dan moist wound dressing,” jelasnya, Kamis (18/8/2022).

Menurut Dokter Dyah, dengan metode modern yang digunakan di layanan perawatan luka ini sangat membantu dalam mengoptimalkan penyembuhan luka pasien. Selain aspek penyembuhan, katanya metode modern ini juga memperhatikan aspek-aspek lainnya.

“Penyembuhan luka semakin optimal baik dilihat dari kualitas integritas jaringan, waktu proses penyembuhan, quality of life dan patient safety dengan memperhatikan kendali mutu dan kendali biaya,” lanjutnya.

Berbagai jenis luka yang dapat ditangani di layanan perawatan luka RSD Idaman Banjarbaru pun terbilang beragam. Di antaranya mulai dari luka akut, luka kronis, luka bersih, luka infeksi hingga luka keganasan.

Baca Juga  Event Gernas BBI Gubernur Kalsel Finalisasi Persiapan

Kendati metode penyembuhan luka yang digunakan sudah terbilang modern, diakui Dokter Dyah bahwa pihaknya juga masih akan terus membenahi layanan ini. Salah satunya ialah fasilitas alat-alat kesehatan.

“Ya kita merencanakan untuk menambah alat-alat rawat luka yang modern. Kemudian untuk luas ruangan pelayanan rawat luka saat ini belum memadai. Jika bisa diperluas sehingga bisa dilakukan penambahan bed rawat luka dan juga perbaikan alur rawat luka sehingga pasien tidak menunggu terlalu lama,” terangnya.

Terakhir, Dokter Dyah mengajak kepada masyarakat agar tidak ragu untuk berobat di RSD Idaman Kota Banjarbaru. Sebab katanya, rumah sakit milik pemerintah ini telah bertransisi menjadi rumah sakit yang modern dengan ditunjang tenaga kesehatan yang sangat profesional.

“Ayo berobat luka di poli perawatan luka RSD Idaman Kota Banjarbaru. Ditangani dengan metode perawatan luka/bedah modern dan dilakukan oleh tenaga profesional,” kata Dokter Dyah. (wahyu/BBAM)