Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaLink3FLima Street Food Indonesia Masuk Daftar Paling Enak di Dunia

Lima Street Food Indonesia Masuk Daftar Paling Enak di Dunia

Linkalimantan.com-Apa street food alias jajanan pinggir jalan terenak di dunia? Versi Taste Atlas, kuotie khas China adalah yang terenak. Jajanan khas Indonesia ternyata juga ada dalam daftar.

Meski tidak masuk Top 10 jajanan pinggir jalan paling enak, beberapa makanan khas Indonesia masuk dalam daftar.

Street food paling enak di dunia dari Indonesia

  1. Bubur ayam

Bubur ayam menempati urutan ke-13 setelah panzerotti khas Italia dan mantau Shengjian dari China. Makanan satu ini jadi menu sarapan favorit sebagian orang Indonesia. Bubur terbuat dari beras dengan siraman kaldu dan suwiran ayam sebagai topping utama.

Umumnya bubur ayam menggunakan topping beragam mulai dari potongan cakwe, seledri, daun bawang, bawang goreng, kacang kedelai juga telur rebus. Anda suka bubur diaduk atau tidak diaduk?

  1. Tempe mendoan

Tempe mendoan merupakan variasi tempe goreng yang banyak digemari. Tempe mendoan menempati urutan ke-14 sebagai street food terenak di dunia.

Camilan khas Purwokerto, Jawa Tengah ini menggunakan tempe yang lebih lebar daripada tempe goreng biasa. Adonan tempe terasa lebih kaya berkat campuran bawang putih dan ketumbar lalu diberi potongan daun bawang.

Tempe memiliki tekstur seperti tempe goreng setengah matang. Ternyata nama mendoan berasal dari kata ‘mendo’ yang dalam bahasa Banyumasan berarti setengah matang. Tempe mendoan nikmat disajikan bersama sambal kecap.

  1. Pempek
Baca juga  Miliki Banyak Kandungan, Berikut 5 Manfaat Susu Evaporasi 

Pempek masuk dalam daftar dan menempati urutan ke-37. Pempek mungkin banyak dikenal sebagai menu restoran. Namun tak jarang pempek ditemukan sebagai street food dengan harga begitu terjangkau.

Makanan khas Palembang ini menjelma jadi jajanan sederhana tapi tetap mempertahankan sajian seperti di restoran. Pempek versi street food biasanya berupa pempek kapal selam lengkap dengan potongan timun, mi telur dan siraman kuah cuko.

  1. Pisang goreng

Pisang goreng dinobatkan sebagai camilan goreng paling enak di dunia versi Taste Atlas. Dalam kategori street food, rupanya pisang goreng masih masuk daftar dan berada di urutan ke-40.

Pisang goreng melengkapi ragam gorengan pinggir jalan selain tempe, tahu, ubi, singkong, dan bakwan.

  1. Serabi

Serabi berada tepat setelah pisang goreng di urutan 41. Serabi boleh dibilang sebagai pancake dengan kearifan lokal.

Anda bisa mendapatkan serabi di Pulau Jawa. Dua jenis serabi yang cukup luas dikenal adalah serabi khas Bandung dan Solo. Keduanya cukup berbeda meski bentuk dan cara pengolahannya serupa.

Serabi Solo menggunakan adonan yang sudah dicampur santan sehingga tinggal dipanaskan lalu disajikan. Sementara serabi Bandung disajikan dengan kuah kinca atau campuran gula merah, daun pandan dan santan. (net)

Sumber: CNNIndonesia.com

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER