Senin, Maret 4, 2024

Lukisan Hasil Ekspresi Diri Warga Binaan Lapas Narkotika Kelas IIA 

Link, Martapura – Keterbatasan aktivitas di dalam jeruji besi tak membuat, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan kehabisan ide dan kreasi.

Sepertinya yang terlihat salah satu wujud kreativitas, adalah melalui seni lukis, sebagai bentuk ekspresi pribadi dengan karya yang bisa dinikmati oleh semua.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo mengatakan, pihaknya memberikan ruang dan memfasilitasi bakat seni yang dimiliki warga binaan, guna mengekspresikan diri melalui karya yang bisa dinikmati oleh semua orang.

“Lukisan-lukisan ini bisa menjadi cerminan perjalanan hidup mereka, perasaan dan harapan untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap Wahyu, Rabu (27/12/2023) pagi.

Dengan memfasilitasi warga binaan dengan kegiatan kreatif Wahyu berharap mampu menciptakan lingkungan Lapas yang lebih produktif dan mendukung perkembangan lebih positif. Selain itu, juga menjadi peluang bagi warga binaan untuk mengasah bakat dan keterampilan, serta merubah pandangan terhadap kehidupan. 

“Melalui kreativitas ini, dapat menunjukkan bahwa sesungguhnya mereka memiliki potensi untuk berubah dan memberikan kontribusi positif setelah bebas dari menjalani pembinaan di Lapas nanti, tumbuh dan berkembang sebagai individu yang lebih baik,” sambungnya.

Menggunakan media canvas dan cat akrilik, lukisan burung murai dan lukisan pemandangan mampu dihasilkan dari tangan terampil Muhammad Ramadhani. Ramadhani mengaku suka melukis semenjak berada di luar Lapas. Ia mengaku senang bakat yang dimiliki bisa diekspresikan selama menjalani pembinaan di dalam Lapas.

“Di bawah binaan Seksi Kegiatan Kerja, saya merasa senang akhirnya bisa melukis kembali, diberi ruang untuk bisa menyalurkan bakat yang saya bisa. Dengan melukis saya belajar bagaimana mengelola emosi dengan lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang positif,” pungkasnya. (tri)

Baca Juga  KPU Akui Terima 30 Hadiah Saat Kirab Pemilu 2024

BERITA POPULER