Rabu, April 24, 2024

Menpora Baru Dito Ariotedjo Dilantik Gantikan Zainuddin Amali

Link, Jakarta – Politisi muda Ariobimo Nandito Ariotedjo (32) resmi menjadi anggota Kabinet termuda, dengan jabatan Menteri Olahraga (Menpora). Dito demikian politisi muda ini akrab disapa, dilantik Presiden, Senin (3/4) menggantikan Zainudin Amali yang sebelumnya mengundurkan diri.

Politisi muda Partai Golkar Dito Ariotedjo (32) menjadi anggota cabinet termuda di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Bos RANS Nusantara FC ini adalah tim ahli Menko Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto yang juga ketua umum Partai Golongan Karya atau Golkar.

Selain politisi, Dito Ariotedjo ini memiliki sejumlah posisi mentereng di organisasi kepemudaan Indonesia. Antara lain sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2016-2021.

Dalam bidang olahraga, milenial ini sempat menjadi pemimpin kontingan Indonesia di Olimpiade Remaja pada 2018. Ia ditunjuk oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC) atas persetujuan Menpora untuk menjadi CdM Youth Olympic Games di Argentina pada 2018.

Untuk menyalurkan hobinya dalam bidang olahraga, Menpora ini bersama beberapa kolega bisnisnya mendirikan RANS Prestige Sportstainment di kawasan Pantai Indah Kapuk (Kapuk), Jakarta Utara.

Baca Juga  Meriah!! POMNAS ke XVIII 2023 Dibuka Menpora RI

Perusahaan ini yang membidangi Rans Nusantara FC (klub sepak bola) dan Rans PIK (klub basket). Meski terbilang baru di olahraga sepak bola dan basket, minatnya terbilang serius.

Pada 2020, Dito Ariotedjo masuk daftar Forbes 30 under 30. Ini adalah daftar pemuda berpengaruh Indonesia di bawah usia 30 tahun. Pada saat itu dirinya sejajar dengan Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon.

Putra dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati ini juga punya sejumlah bisnis. Salah satunya adalah Grupara Ventures yang bergelut di bidang energi dan pertahanan.

Sejak masih kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dia juga aktif berorganisasi. Salah satunya aktif di organisasi kemahasiswaan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Dito Ariotedjo merupakan suami Niena Kirana Riskyana Fuad, keduanya menikah pada 2018. Niena Kirana sendiri adalah putri dari pengusaha biro perjalanan haji dan umroh, Maktour Indonesia. (spy/net)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img