Mess L Dijadikan Dekranasda Creativ Hub Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link,Banjarbaru Sentuhan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deksranasda) Vivi Mar’I Zubedi di bidang Usaha Mikro Kecil dan Mengah di Kota Banjarbaru mulai terasa. Setelah membawa kerajinan purun ke pasar Eropa, hari ini Rabu (2/2/2022) sang desainer terkemuka ini kembali membuat gebrakan. Yakni menjadikan Mess L sebagai komplek kreatif.

Menempati Gedung Mess L yang telah dipugar, dengan total area lebih dari 6.000 meter persegi, Dekranasda Kota Banjarbaru memiliki 9 unit toko dan 10 unit stan yang dapat mengakomodir para perajin, juga IKM, dan UMKM di bidang makanan dan minuman di Kota Banjarbaru.

HM Aditya Mufty Arifin, Walikota Banjarbaru yang meresmikan Dekranasda Kreativ Hub ini, sangat mengapreasi dengan inovasi yang dibuat oleh Dekranasda Banjarbaru. Yang menjadikan Mess L menjadi pusat kerajinan dan food, dari UMKM seKota Banjarbaru.

“Jadi nanti kalau ada tamu baik lokal maupun internasional, tidak perlu lagi keluar daerah. Cukup di Banjarbaru semua kerajinan, souvenir dari seluruh Kalimantan Selatan tersedia,” ungkap Opie, sebutan akrab Walikota Banjarbaru seusai acara peresmian Dekranasda Kreatif Hub, Rabu (2/2/2022).

Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru  Vivi mar’I Zubedi menyebutkan jika Dekranasda  Kota Banjarbaru selalu memberikan dukungan penuh kepada para Perajin, IKM dan UMKM lokal untuk mampu bersaing tidak hanya di tingkat daerah dan kota, namun juga mampu untuk
menembus pasar nasional bahkan internasional.

Baca Juga  Komisi I Minta Pola Karir ASN Dibuatkan Aturan

“Seperti halnya ketika Kami membawa salah satu produk binaan untuk mengikuti ajang Pamor Borneo di Singapura tahun 2021 lalu, dan berhasil menempati posisi ke-3 untuk penjualan terbanyak”, ujarnya

Sementara itu, CEO Halal Expor Indonesia (HEI) Ammar Zoni dalam kunjungannya dalam soft opening tersebut berpendapat jika hasil karya para UMKM dan IKM Kota Banjarbaru telah berkembang dengan baik mengikuti perkembangan jaman.  Ke depannya, untuk menarik minat masyarakat dan wisatawan, juga akan dihadirkan ragam kegiatan diantaranya berupa pameran kesenian yang melibatkan seniman lokal, workshop entrepreneurship dengan pengusaha terkemuka tanah air.

“ Ini merupakan kegiatan sosial yg dilaksanakan oleh ketua Dekranasda Banjarbaru,dan kali pertama saya datang ke Banjarbaru sudah terpukau dengan atmosfir yang tercipta di lokasi ini” kesan Ammar Zoni

Kedepannya HEI dan Dekranasda Kota Banjarbaru akan  mengakselerasi level bisnis UKM peserta HEI dengan program pendampingan yang disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan dan peluang, agar produk UKM mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri terutama di pasar negara tujuan ekspor. Pada level yang tertinggi, HEI akan berperan sebagai agregator antara calon eksportir dan pembeli di luar negeri dengan menggandeng mitra-mitra strategis untuk mendukung pembangunan ekosistem ekspor-impor HEI. Keseluruhan materi dan interaksi ini dilakukan melalui platform berbasis digital. (tim/BBAM)