Sabtu, Maret 2, 2024

Minum Kopi 3 Kali Sehari Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak Lo

Kopi punya sejuta manfaat sehat, salah satunya dapat meningkatkan kesehatan otak. Manfaatnya dapat dirasakan jika mengonsumsi 3-4 cangkir per hari.

Kopi merupakan minuman sehat yang memiliki banyak penggemar. Kandungan kafein pada kopi ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan.

Melansir Mind Body Green (17/2), minum kopi juga baik untuk kesehatan otak. Hal ini telah diungkapkan dalam penelitian berbasis populasi eksplorasi dari Hamburg, Jerman.

Penelitian tersebut baru-baru ini mengamati otak lebih dari 2.000 orang partisipan dengan rentang usia 45 dan 74 tahun. Peneliti membandingkan empat kelompok orang yang mengatakan bahwa mereka secara teratur minum kopi dengan jumlah cangkir berbeda.

Pada penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi dalam sehari cenderung memiliki memiliki struktur otak terkuat ketika melihat beberapa faktor termasuk ketebalan kortikal yang terjaga. Kondisi ini umumnya dikaitkan dengan kecerdasan yang lebih tinggi.

Baca Juga  Hati-Hati, Obesitas Sangat Berisiko Pada Anak

Kopi telah terbukti memperlambat penurunan kognitif dan berpotensi mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer. Selain itu, sebuah meta-analisis di tahun 2017 tentang efek kesehatan kopi menemukan bahwa minum kopi dapat mengurangi kejadian penyakit kardiovaskular dan kanker, serta kondisi neurologis, metabolisme, dan hati.

Meskipun tak semua penelitian ini mempertimbangkan jumlah cangkir kopi yang tepat, beberapa di antaranya merujuk pada 3-4 cangkir untuk manfaat yang signifikan. Konsumsi secara rutin dapat meningkatkan kesehatan otak.

Saat mengonsumsi 3-4 cangkir kopi, pastikan waktunya tak terlalu sore atau malam. Hal ini agar kualitas tidur tetap terjaga dan kamu tak insomnia.

Jenis kopi yang disarankan adalah kopi hitam tanpa gula atau pemanis lainnya. Alternatif racikan kopi yang aman dikonsumsi, yaitu bisa menambahkan susu full cream untuk mendapatkan manfaat kesehatan lain dari protein. (net)

Sumber: Detikfood

BERITA POPULER