Sabtu, Maret 2, 2024

Pembangunan Drainase Diharapkan Jadi Solusi Genangan Air

Link, Martapura – Genangan air setiap kali turun hujan belakangan cukup merepotkan sebagian warga Kota Martapura. Saluran mampet hingga tidak ada fasilitas drainase disinyalir menjadi penyebab terjadinya genangan.

Warga Tanjung Rema Darat, Martapura Kota menyambut gembira rencana pembangunan drainase di samping ruas Jalan Pintu Air di RT9 hingga RT11 yang akan dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar.

“Kami berharap, rencana pembangunan drainase ini dapat mengatasi masalah banjir air genangan,” ungkap Ahmad Syaukani, Lurah Tanjung Rema Darat, usai mengikuti kegiatan Mutual check awal (MC-0) yang dilakukan Bidang Sumber Daya Air (Bidang SDA) Dinas PUPRP, Rabu (5/4/2023).

Terlebih, pekerjaan pembangunan drainase yang rencana dimulai pada 5 April 2023 sesuai dengan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) tersebut juga menjadi salah satu usulan prioritas Kelurahan Tanjung Rema Darat dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Memang, kalau berdasarkan usulan kami, untuk penanganan pengerjaan drainase sebenarnya sekitar 300 meter lebih. Tapi, rencananya PUPRP akan melakukan pengerjaan drainase dengan panjang kurang lebih sekitar 298 Meter,” ujarnya.

Baca Juga  LSM KPK-APP Kalsel “Goyang” Kejari Martapura dan DPRD Banjar

Dengan adanya rencana pembangunan drainase di samping ruas Jalan Pintu Ari tersebut, Ahmad Syaukani berharap perosalan genangan air yang terjadi saat hujan deras turun dapat teratasi.

“Ketika hujan, rata-rata air dari ruas jalan sekumpul, yakni seperti di perempatan Jalan Sekumpul, hingga ke Gang Nusantara, turunnya ke Jalan Pintu Air, sehingga menimbulkan banjir genangan air,” katanya.

Perlu diketahui, pembangunan drainase dengan total panjang 298 meter tersebut bersumber dari APBD Murni Tahun Anggaran (TA) 2023 dengan nilai sebesar Rp626.355.214,-.

Sedangkan volume pengerjaan akan dibangun Dinas PUPRP Kabupaten Banjar dengan lebar 60 Cm dan ketinggian sekitar 80 Cm, menggunakan penutup plat fabrikasi dengan kisi-kisi memiliki lubang resapan air. Dimana pada jarak tertentu akan dipasang grill tempat resapan air.(zainuddin/BBAM)

 

 

BERITA POPULER