Jumat, April 12, 2024

Pembangunan Istana Kepresidenan IKN Berjalan, Segini Luasnya

Pembangunan istana kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai berjalan. Saat mengunjungi lokasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, istana presiden keren. Lalu, apa saja isinya?

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga menjelaskan, kawasan istana presiden memiliki luas area 50 hektar (ha). Di belakang kawasan istana, akan dilengkapi botanical garden atau kebun raya.

“Di belakang kawasan istana yang 50 ha itu direncanakan nanti di belakangnya itu ada kebun botanical garden seluas 100 ha lebih, bisa diperluas. Karena dia merupakan area yang rencana ibu kota negara itu dia kawasan tertinggi,” terangnya kepada detikcom, Minggu (19/2/2023).

Lanjutnya, di dalam kawasan istana presiden terdapat istana presiden dan lapangan upacara. Kemudian, ada juga kantor presiden yang berbentuk burung garuda.

Baca Juga  Hadapi HUT Kemerdekaan RI, Otorita IKN Berbenah

“Apa yang paling keren, yaitu yang seperti burung garuda itu, itu merupakan kantor kerjanya presiden,” ujarnya.

Di sebelah kantor presiden nantinya ada kantor Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

“Kemudian juga ada gedung untuk sekretariat presiden, yang mendukung kegiatan presiden setpres namanya. Areanya sekitar itu, di area 50 ha itu yang utama sedang kita kerjakan,” ujarnya.

Dikutip dari Instagram Kementerian PUPR, saat mengunjungi lokasi pembangunan istana kepresidenan, Basuki menyebut pembangunannya sudah berproses. Ia mengatakan, istana presiden keren.

“Sore ini saya Basuki Hadimuljono menteri PUPR bersama para mitra, para dirjen berada di tapak Istana Nusantara kita. Sekarang sudah berposes, keren,” katanya seperti dikutip Sabtu (18/2) kemarin. (net)

Sumber: detikfinance

 

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img