Sabtu, Februari 24, 2024

Perbaikan Siring Darussalam Martapura Memasuki Tahap Lelang

Link, Kalsel – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, terus melakukan pembenahan perbaikan infrastruktur.

Salah satu yang akan dibenahi Dinas PUPR Kalsel adalah Siring Sungai Martapura. tepatnya berdekatan dengan Pondok Pesantren Darussalam.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan Ahmad Solhan mengatakan, saat ini pekerjaannya belum dilakukan.

“Belum bisa dikerjakan karena lokasi masih dalam ke adaan banjir,” ungkapnya kepada Linkalimantan.com Senin 6 Maret 2023.

Kendati demikian untuk pekerjaan tersebut saat ini sudah memasuki tahap lelang.

“Secepatnya akan dikerjakan karena anggaran juga sudah ada,” jelasnya.

Sebelumnya, sesuai arahan dari Gubernur Kalsel Paman Birin sebut mantan Kadis PUPR Kabupaten Banjar ini, pembangunan siring ini dilakukan karena terjadi penurunan bangunan Ponpes Darussalam dan sekitarnya.

Baca Juga  Bappeda Kalsel Luncurkan Inovasi Si Palui Eksis

“Dari hasil kajian teknis yang kami lakukan pembangunan harus sesegera dilaksanakan. Tujuannya untuk menghindari semakin parahnya dampak yang ditumbulkan gerusan air dan terdampak banjir,” jelasnya.

Perkerjaan tersebut anggarannya berasal dari APBD Pemprov Kalsel. Dengan nilai kontrak dalam pengerjaan penguat tebing ini lebih dari Rp21,9 miliar.

Senada dengan itu, Kepala Seksi Drainase Sungai dan Pantai Dinas PUPR Kalsel, Herry Ade Permana, pekerjaan siring ini sebut meliputi pemasangan tiang pancang beton di sepanjang kawasan.

“Kegiatan dari proyek ini dimulai dari tahapan proses pembongkaran bangunan kelas Ponpes Darussalam. Selain itu  ditambah lagi dengan pembongkaran dapur rumah warga yang terdampak oleh pengerjaan,” jelasnya. (oetaya/BBAM)

BERITA POPULER