Petani Pengaron Kembangkan Komoditi Kopi

Facebook
Twitter
LinkedIn

Link, Pengaron – Kelompok Tani Barakat Cangkal kini menjadikan tanaman kopi sebagai unggulan. Bersama dengan Gerakan Tani Syariat Islam Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mereka telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk ditanami kopi.

“Bibitnya sudah siap tanam. Ada lebih 20000 batang bibit kopi jenis Deva Robusta Borneo yang sudah kami siapkan di areal pembibitan disatu lakosi dengan areal tanam,” ujar Ketua Kelompok Tani Barakat Cangkan, Faidurrahman, kepada Linkalimantan.com, Selasa 5 April 2022.

Lebh jauh Ketua Kelompok Tani yang beralamat di Jl Gembira No 09 RT 04 RW 03 mengungkapkan, dipilihnya jenis Deva Robusta Borneo sebagai bibit lantaran jenis tersebut sangat cocok dengan lingkungan di wilayah Pengaron.

“Dua tahun lalu kami sudah membuat percontohan. Alhamdulillah, saat berusia 1,5 tahun tanaman kopi sudah berbuah. Begitu juga buahnya, lebat dan bagus sekali,” jelasnya.

Baca Juga  Dirawat di PPRSAR Bayi Temuan Warga Sudah Sehat

Dengan hasil percontihan tersebut, Faidur dan anggota kelompok tani lainnya bertekad untuk mengembangkan kopi jenis Deva Robusta Borneo.

“Termasuk soal potensi harga pasar, jenis ini juga berkualitas ekspor. Ya pokoknya secara ekonomi sangat menguntungkan,” ujar ketua kelompok tani yang beranggotakan 39 petani ini.

Dibagian lain, lelaki bertubuh langsing ini menambahkan jenis Kopi Deva Robusta Borneo

Memiliki usia produktif sampai 40 tahun.

“Hasil panen pada pohon percontohan, satu batang menghasilkan 3 kg buah kering. Pokoknya kami sangat antusias untuk mengembangkan kopi ini,” ujarnya. (spy)