Jumat, April 12, 2024

Piala AFF 2022 Sengit, Juara Bertahan Bisa Tersingkir

Piala AFF 2022 merupakan salah satu edisi paling sengit dalam sejarah turnamen sepak bola ASEAN ini. Hingga tiga pertandingan berlalu belum ada satupun tim negara yang memastikan lolos ke semifinal.
Bahkan dua tim favorit juara, Thailand dan Vietnam, termasuk juga Indonesia, masih bisa tersingkir di fase grup pada pertandingan terakhir.

Hasil imbang Vietnam melawan Singapura, Jumat (30/12), membuat belum ada tim yang lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Padahal semula Vietnam diprediksi akan jadi tim pertama lolos dengan mengalahkan Singapura.

Vietnam secara matematis masih bisa tersingkir dari Piala AFF 2022, meski kemungkinannya sangat tipis. Vietnam bisa tersingkir jika Malaysia menang atas Singapura dan mereka dikalahkan Myanmar dengan skor sangat telak.

Sebagai contoh jika Malaysia 1-0 Singapura dan Vietnam 0-8 Myanmar terjadi, maka Vietnam tidak akan lolos dengan Malaysia dan Singapura ke semifinal. Namun hal itu peluangnya sangat tipis sekali.

Baca Juga  Jadwal Indonesia Vs Thailand di Piala AFF 2022

Sementara itu di Grup A, perebutan tiket ke semifinal juga sangat sengit. Thailand bisa tersingkir jika kalah dari Kamboja di laga terakhir. Begitu juga dengan Indonesia. Jika kalah dari Filipina, tim asuhan Shin Tae Yong bisa tersingkir.

Hasil imbang melawan Filipina merupakan hasil minimal yang harus direbut Timnas Indonesia untuk memastikan langkah ke semifinal Piala AFF 2022.

Klasemen
Grup A

1. Thailand 7 (+9)
2. Indonesia 7 (+8)
3. Kamboja 4 (+6)
4. Filipina 3 (-1)
5. Brunei 0 (-20)

Grup B

1. Vietnam 7 (+9)
2. Singapura 7 (+3)
3. Malaysia 6 (+3)
4. Myanmar 1 (-2)
5. Laos 1 (-13)

Jadwal pertandingan terakhir grup
Grup A (Senin 2 Januari 2023)

Thailand vs Kamboja
Filipina vs Indonesia

Grup B (Selasa 3 Januari 2023)
Vietnam vs Myanmar
Malaysia vs Singapura.

(link/net)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img