Jumat, April 12, 2024

Puluhan BPK Pawai Keliling “Begarakan Sahur”

Link, Martapura – Di setiap bulan suci Ramadhan, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang ada di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel mempunyai kegiatan khusus. Diawali dengan berkumpul di markas Damkar Martapura Timur (Martim), mereka pun pawai melaksanakan “Begarakan Sahur”

Damkar Martapura Timur bersama puluhan BPK Martapura Minggu (9/4/2023), berkumpul di halaman Kantor Kecamatan Martapura Timur. Mendadak kemeriahan pun tersaji tatkala acara Begarakan Sahur dimulai.

Ketua Damkar Martapura Timur (Martim), M Baikani, mengatakan kegiatan tersebut dinamai Sahur On The Road (begarakan sahur”.

“Tujuannya untuk melestarikan tradisi di bulan suci Ramadan. Karena bagarakan sahur ini memang sudah ada sejak dahulu yang sampai saat ini masih ada. Walau pun dalam pelaksanaannya dilakukan kelompok-kelompok,” ujarnya, di sela-sela kegiatan.

Acara tahunan itu sendiri diikuti 31 armada BPK yang ada di Kota Martapura ditambah beberapa BPK dari luar kabupaten.

Baca Juga  Karhutla di Abumbun Jaya Hanguskan Dua Rumah Warga

“Tadi persiapan dilakukan sejak pukul 01.40 an. Setelah semuanya berkumpul hampir setengah tiga kami pun bergerak berkeliling kota untk melaksanakan begarakan sahur,” katanya,

Sahur on The Road tahun ini dimulai dari Kantor Kecamatan Martapura Timur, Desa Mekar, Akar Bergantung, Banua Anyar, Sungai Tuan, Astambul Kota. Dari Astambul masuk ke jalur Jalan A Yani Menuju Pasar Papan dan kembali ke Kantor Kecamatan Martapura Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Martapura Timur, Guslan berharap kegiatan Bagarakan Sahur ini bisa menjadi agenda rutin setiap bulan Ramadan.

“Selain itu, kami juga berharap kepada para peserta bisa jaga ketertiban di jalan. Jaga anggotanya, jangan sampai ada yang terlalu kepinggir duduknya nanti jatuh. Kita ini bagarakan sahur, tujuannya mempererat silaturahmi dan membangunkan warga untuk sahur,” tutupnya. (spy)

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img