Jumat, April 12, 2024

Rangka Utama JPO Banjarbaru Berhasil Terpasang

Link, Banjarbaru – Rangka utama Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Jalan A. Yani Kilometer 34, Banjarbaru akhirnya berhasil terpasang pada Senin (31/10/2022) dini hari.

Proses pengangkatan rangka utama JPO tersebut menghabiskan waktu sekitar satu jam dengan bantuan dua unit crane.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru, Eka Yuliesda Akbari mengatakan, progres pengerjaan JPO ini sudah mencapai 90 persen. Di mana, pengangkatan badan JPO merupakan tahapan terberat dalam proyek.

“Setelah ini, kita akan menaikkan untuk penghubung (badan JPO). Tapi sudah tidak mengganggu lalu lintas lagi, karena di jalan nasional ini ada ketentuan tidak boleh (menutup jalan) lebih dari 1×24 jam,” tuturnya.

Nantinya pengerjaan akhir JPO dipastikan tidak akan mengganggu arus lalu lintas. Berbeda dengan pengangkatan JPO kali ini, di mana rekayasa lalu lintas diterapkan untuk pengangkatan badan JPO ini.

Baca Juga  Mariati, Nenek Penjual Jamu Tradisional di Cempaka

Sebelumnya, pengangkatan badan JPO dilaksanakan dengan dua opsi. Yaitu pada Jumat (28/10/2022) malam, dan Minggu (30/10/2022) malam. Akan tetapi pengangkatan badan JPO baru dilaksanakan minggu malam. Dengan pertimbangan lalu lintas pada Jumat (28/10/2022) malam lalu yang dinilai masih ramai.

“Jumat malam itu masih ramai, dan masih ada pekerjaan-pekerjaan berat yang belum selesai,” ucap Eka.

Perihal pengangkatan, Dinas PUPR Banjarbaru sendiri diberi waktu hingga pukul 04.00 Wita untuk menyelesaikan pengangkatan badan JPO ini.

“Memang untuk pengerjaan ini, lebih nyaman di tengah malam. Sehingga dimanfaatkan hingga pukul 4.00 Wita,” tuturnya. (juwita/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img