Minggu, Mei 19, 2024

Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Apeksi Regional Kalimantan Resmi Dibuka

Link, Banjarbaru – Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan Tahun 2024, di Ballroom Grand Qin Hotel Banjarbaru, resmi dibuka Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Roy Rizali Anwar, Minggu (21/04) pagi

Pada kesempatan tersebut turun hadir, sembilan Walikota yang ada di Kalimantan, yakni Walikota Banjarmasin, Walikota Banjarbaru, Walikota Bontang. Pj. Walikota Palangkaraya, Walikota Pontianak, Walikota Singkawang, Wakil Walikota Samarinda, Walikota Balikpapan, dan Walikota Tarakan.

Dalam sambutannya, Roy Rizali Anwar yang membacakan sambutan Paman Birin menyampaikan, bahwa salah satu faktor untuk mendorong pembangunan ekonomi di Kalimantan, adalah dengan melahirkan anak dengan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

“Ketersediaan SDM yang kompeten, terampil, dan berdaya saing menjadi modal utama dalam menggerakan perekonomian yang ada di regional Kalimantan,” ujarnya

Menurut Paman Birin, selain SDM yang dipersiapkan, infrastruktur yang baik seperti jaringan transportasi, telekomunikasi dan fasilitas pendukung lainnya juga menentukan masa depan kemajuan ekonomi di Kalimantan.

“Dengan SDM dan infrastruktur yang baik, kita dapat mengoptimalkan potensi ekonomi regional Kalimantan yang sangat besar di berbagai sektor, seperti pertambangan, perkebunan, kehutanan, pariwisata dan industri pengolahan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Paman Birin juga menambahkan bahwa pembangunan yang semakin merata di seluruh wilayah Kalimantan, juga akan membantu dalam mengurangi kesenjangan antarwilayah yang selama ini menjadi tantangan tersendiri.

BACA JUGA  Beras Penyumbang Terbesar Inflasi Indonesia

“Maka dari itu, pada momentum ini, saya mengapresiasi Apeksi Regional Kalimantan yang terus berupaya meningkatkan daya tarik investasi di Kalimantan. Kehadiran investasi ini akan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” ungkapnya.

Maka dari itu, Paman Birin mengajak kepada seluruh Walikota maupun Pj. Walikota se Kalimantan yang hadir tersebut untuk memberikan saran atau pun ide-ide dalam pembangunan masa depan di Kalimantan.

“Saya berharap rapat kerja ini dapat menghasilkan rekomendasi dan langkah-langkah strategis yang komprehensif dalam menyiapkan sdm dan infrastruktur guna mendukung pembangunan ekonomi regional Kalimantan. Sinergi dan kolaborasi yang erat antar pemerintah, swasta, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan upaya ini,” tutupnya.

Sementara itu, sebagai tuan rumah acara, Walikota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin dalam sambutannya mengatakan, para pemangku kepentingan berkumpul untuk memperkuat kerja sama dan membahas solusi bagi tantangan yang dihadapi serta dalam rangka membahas isu-isu strategis bagi pengembangan di masing-masing wilayah.

“Pertemuan kita ini mudah-mudahan dapat menghasilkan manfaat dan kebajikan yang membawa kebaikan bagi daerah dan masyarakat di daerah kita masing-masing,” ungkapnya. (tri)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER