Minggu, Juni 23, 2024
BerandaHeadlineRofiqi Heran Puskesmas Sungai Tabuk 1 Tak Kunjung Beroperasi

Rofiqi Heran Puskesmas Sungai Tabuk 1 Tak Kunjung Beroperasi

Link, Martapura – Ketua DPRD Kabupaten Banjar H M Rofiqi mempertanyakan sikap Pemkab Banjar yang hingga kini tak kunjung mengoperasikan Puskesmas Sungai Tabuk 1. Mengingat saat ini masyarakat sangat membutuhkan layanan kesehatan yang bagus.

Dibangun dengan dana Rp 9,5 miliar di Tahun Anggaran 2023, puskesmas tersebut hingga kini tak kunjung dioperasikan. Padahal bangunan yang sempat tuai banyak kritikan tersebut telah selesai 6 bulan lalu.

“Kalau tidak salah puskesmas itu kan sudah selesai di akhir tahun 2023 tadi, sekarang menjadi pertanyaan setelah kurang lebih 6 bulan selesai, dan masih tidak digunakan,” ujar Rofiqi, Rabu (15/5/2024) sore.

Anggota DPR RI terpilih ini mengingatkan jika pemerintah wajib memberikan pelayanan kesehatan sebaik baiknya untuk masyarakat.

“Layanan kesehatan ke masyarakat itu kan wajib buat pemerintah. Saya juga bingung, apakah Pemkab ini mau masyarakatnya sengsara dengan fasilitas kesehatan yang ada?” sebutnya.

Baca juga  Tiga Kasus Covid-19 ditemukan di Banjarmasin

Terlebih, lanjutnya, proyek pembangunan Puskesmas Sungai Tabuk 1 tersebut menggunakan anggaran yang sangat besar. Ia menyampaikan mestinya dengan anggaran besar seharusnya peningkatan pelayanan kesehatan tidak terlambat.

“Tapi yang jelas kalau ini tidak dilaksanakan, duit negara dibuang buang percuma dan kesehatan masyarakat ditelantarkan. Nanti saya dalam waktu dekat, bersama Komisi IV akan sidak bagaimana kualitasnya dan apakah layak untuk digunakan sebagai standar pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” katanya.

Dari Informasi yang didapat, Puskesmas Sungai Tabuk 1 senilai 9,5 miliar Rupiah tersebut ternyata sudah diresmikan oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur pada akhir Januari 2024 yang lalu, bersamaan dengan peresmian Puskesmas di Kecamatan Beruntung Baru. (spy)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER