Minggu, Juli 21, 2024
BerandaHeadlineSatu Abad NU di Kiram Getarkan Jiwa Nasionalis

Satu Abad NU di Kiram Getarkan Jiwa Nasionalis

Link, Martapura – Peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) di Kalimantan Selatan, terasa special. Dukungan pemerintah provinsi hingga keterlibatan ribuan santri dan warga NU begitu terasa menggetarkan jiwa nasionalis.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengatakan peringatan satu abad NU untuk menghargai pendiri NU yang telah berkotribusi besar terhadap Republik Indonesia dari awal sejarah hingga saat sekarang.

“Kegiatan kita ini adalah untuk menghargai para pendiri, penggagas Nahdlatul Ulama, JAS MERAH, jangan pernah melupakan sejarah,” sebut Paman Birin pada peringatan 100 Tahun Nahdatul Ulama di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/2).

Menurut Birin, keberadaan NU telah mewarnai lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Semoga apa yang kita peringati hari ini menjadi pembelajaran, sejarah berdirinya NU itu telah mewarnai berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Disampaikan Paman Birin, berdirinya NKRI tidak bisa dipisahkan dari peran Ulama.

“350 tahun kita dijajah, hingga pada tahun 1945, Indoenesia merdeka, itu tidak terlepas dari peran Ustad, Kiyai yang berjuang dalam memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Birin juga mengutarakan kebahagianya karena dapat bersama-sama para santri melakukan kirab.

“Ulun sangat senang mengikuti kirab sekali hari ini, panjangnya 4 kilometer bersama-sama keluarga besar Aswaja Kalimantan Selatan,” katanya.

Tak lupa, Paman Birin, mengucapkan selamat memperingati satu abad NU kepada seluruh Nahdiyin di banua.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, saya mengucapkan selamat memperingati, satu abad nahdlatul ulama kepada seluruh nahdiyin di Banua,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan bahwa Rasulullah ada sebaik baiknya manusia untuk diteladani.

“Siapakah pemimpin yang terbaik di dunia ini dia adalah Rasulullah, karena jika mengikuti Rasullullah, insyallah akan selamat di dunia dan di akhirat,” katanya.

Peringatan Satu Abad NU di Kiram Park selain dihadiri ribuan santri, juga hadiri Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al Qur’an Martapura KH. Muhammad Wildan Salman, Pimpinan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) seperti Kapolda, Danlanal, Danlanud. Tampak hadir juga alim ulama, habaib serta pimpinan instansi vertikal di Kalsel. (why/BBAM) 

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER