Rabu, April 24, 2024

Sejumlah Desa Kecamatan Astambul Terdampak Banjir

Link, Martapura – Sedikitnya 8 desa di Kecamatan Astambul, sejak Jumat (27/1) terdampak banjir. Selain intensitas curah hujan tinggi, air bah kiriman dari daerah hulu Sungai Riam Kiwa menjadi faktor penyebabnya.

Tingginya intensitas curah yang mengguyur Kabupaten Banjar sejak 25 Januari 2023 lalu menyebabkan desa di beberapa kecamatan terdampak banjir akibat luapan air Sungai Riam Kiwa dan Riam Kanan.

Seperti di Kecamatan Astambul, hingga Sabtu (28/1/2023) ini sudah terdata sebanyak lima desa yang terdampak banjir akibat luapan air sungai pasca diguyur hujan deras selama empat hari ini.

“Saat ini sudah ada delapan desa yang terdata terdampak banjir, yakni Desa Pasar Jati, Jati Baru, Astambul Seberang, Astambul Kota, Pingaran Ilir, Pingaran Ulu, Pematang Hambawang, dan Desa Sungai Alat dengan ketinggian air bervariasi dari 5Cm – 65 Cm,” ujar Ahmad Fauzi selaku Camat Astambul.

Baca Juga  BPPW Kalsel Siap Renovasi Stadion Demang Lehman

Sedangkan beberapa desa lainnya, yakni Desa Kalampayan Tengah, Kalampayan Ilir, Munggu Raya, Danau Salak, Lok Gabang, Tambak Danau, dan Desa Limamar, lanjut Ahmad Fauzi, dilaporkan masih aman dari banjir.

“Selain merendam ruas jalan, terdata sebanyak 113 unit rumah warga di Desa Sungai Alat terendam banjir. Sedangkan di Desa Pasar Jati terdata sebanyak 98 unti rumah yang dihuni 106 Kepala Keluarga (KK) terendam banjir. Kebanyakan warga masih bertahan, dan ada juga yang sudah mengungsi ke tempat saudara terdekat sementara ini,” tutupnya.(zainuddin/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img