Minggu, April 21, 2024

Seleksi CPNS Tahun 2023 Dibuka Kembali

Link, Jakarta-  Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan kembali digelar pada tahun ini, setelah vakum pada 2022. Namun, hanya diperuntukkan bagi formasi di pemerintah pusat.

Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Aba Subagja mengatakan hal itu. Adapun untuk pemerintah daerah, formasi yang dibuka Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum CPNS.

“Kalau tahun 2023 sekarang ini kan formasi itu ada dua ya, satu untuk PNS satu untuk PPPK, tapi kalau untuk PNS itu hanya untuk instansi pusat, PNS dan PPPK. Tapi untuk daerah itu masih PPPK belum PNS,” kata Aba seusai rapat kerja Kementerian PANRB dengan Komisi II DPR RI, seperti dikutip Senin (24/4/2023).

Menurut Aba, belum dibukanya formasi PNS untuk daerah karena pemerintah ingin fokus menyelesaikan persoalan pegawai di daerah yang usianya lebih dari 35 tahun. Oleh sebab itu, skema PPPK kata dia dapat menjadi solusinya.

Aba mengatakan alasan dibukanya formasi PNS di lingkungan pemerintah pusat karena adanya beberapa jabatan yang memang harus diisi oleh pegawai berstatus PNS. Karenanya tahun ini seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) akan dibuka untuk formasil CPNS dan PPPK.

“Karena sekarang kan fleksibilitas, di dalam birokrasi kita itu tugas-tugasnya lebih fleksibel PPPK karena orang-orang yang ahli itu bisa masuk, dia tidak perlu didiklatkan pun mereka sudah ahli di bidangnya,” ucap Aba.

Baca Juga  Hari Ini Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka, Cek Persyaratannya

Untuk jumlah formasi PNS dan PPPK yang akan dibuka, Aba belum dapat memastikan. Ini karena Kementerian PANRB pihaknya masih menunggu batas waktu akhir pengajuan formasi dari masing-masing kementerian dan lembaga (K/L) hingga 30 April 2023.

“Sekarang kan untuk input e-formasi itu sampai 30 April, nah nanti kita akan lihat kalau instrumennya sudah lengkap, validitas datanya sudah bagus baru kita umumkan (jumlah formasi),” pungkasnya.

Kementerian PANRB telah mengajukan anggaran untuk kebutuhan formasi pengadaan CASN ke Kementerian Keuangan sebanyak 1 juta lebih formasi tahun ini.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni sebelumnya telah mengatakan, untuk penetapan formasi CPNS akan diumumkan pada April 2023. Dengan begitu, pada kuartal III 2023 atau mulai Juni 2023 pengumuman pembukaan CPNS dan PPPK sudah bisa dimulai.

“Sudah ada kalender, target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober kuartal III, sekarang kuartal II masuk formasi sudah ditetapkan dan kuartal III baru kita sudah mulai eksekusi,” ujar dia saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (27/1/2023).(spy/net)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img