Selasa, Juli 16, 2024
BerandaLink3FSinopsis Midway, Perjuangan AS Melawan Jepang di PD II

Sinopsis Midway, Perjuangan AS Melawan Jepang di PD II

Bandung – Midway, salah satu film garapan Roland Emmerich. Dengan durasi dua jam sepuluh menit, film ini menampilkan beberapa artis kenamaan yaitu Ed Skrein, Patrick Wilson, Luke Evans, Nick Jonas hingga Mandy Moore.

Film Midway berlatar tahun 1942 ini menayangkan kisah peperangan Amerika Serikat versus Jepang di Samudera Pasifik, yang didasari pada Serangan Pearl Harbor dan Pertempuran Midway sebelum Perang Dunia II.

Midway yang dirilis pada 8 November 2019 lalu memiliki durasi 138 menit dan menyuguhkan sinematik epic tentang rekam sejarah pada masa tersebut.

Dikisahkan Komandan Letnan Edwin T. Layton (Patrick Wilson) yang diam-diam sedang melakukan diskusi dengan pihak dari negara Jepang di Tokyo. Jepang yang diwakili oleh Laksamana Isoroku Yamamoto (Etsushi Toyokawa) memberikan ultimatum agar AS tidak mengganggu suplai minyak yang ada di perairan Samudra Pasifik.

Pada 7 Desember 1941, Jepang menyerang Pearl Harbour, salah satu pangkalan penting AS di Samudera Pasifik. Hal ini lah yang menjadi awal mula terjadinya Perang Dunia II.

Kejadian ini memberikan pukulan telak bagi AS, bagaimana tidak begitu banyak korban jiwa yang jatuh dan posisi strategis negara di Pasifik menjadi terancam.

Baca juga  Sinopsis Film Pee Mak Yang Rilis 2013 Lalu

Setelah melihat hal tersebut, Laksamana Yamamoto kembali mengeluarkan ide gilanya. Yamamoto memberikan ide untuk membawa Jepang menginvasi Pulau Midway menggunakan empat kapal perang. Sayangnya, rencana ini tercium oleh Layton yang bekerja sama dengan Laksamana Chester W. Nimitz (Woody Harrelson).

Apabila invasi ini benar terjadi, AS akan mengalami kekalahan besar di Pasifik. Namun berkat bantuan seorang kriptanalis Joseph Rochefort (Brennan Brown), AS berhasil menelaah kode perencanaan serangan yang akan dilakukan oleh Jepang.

Kode yang dinamai “AF” ini berhasil meyakinkan pihak AS di Gedung putih untuk melakukan perang di Midway. Gedung putih yang menyetujui hal tersebut segera mengerahkan Armada Angkatan Laut AS.

Letnan Dick Best (Ed Skrein) bersusah payah untuk mengajar rekan pilot AL sejawatnya James Murray (Keenan Johnson) untuk ikut serta dalam peperangan ini. Best pun rela meninggalkan sang istri Anne (Mandy Moore) dan anaknya untuk berperang memperjuangkan negaranya.

Lantas bagaimana kelanjutan Best dan James dalam memperjuangkan negaranya? Strategi apa yang akan dilakukan oleh AS untuk menggempur Jepang? (spy/net)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER