Rabu, April 24, 2024

SPBUN Kini Ada di Desa Aluh Aluh Besar

Link, Martapura – Desa Aluh Aluh Besar Kecamatan Aluh Aluh, Kabupaten Banjar, Kalsel kini memiliki fasilitas bahan bakar minyak sendiri. Menyusul diresmikannya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN), di Desa Aluh-aluh Besar.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono, meresmikan SPBUN PT Gas Borneo Anugerah, di Desa Aluh-aluh Besar Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar, Jumat (31/3/2023) pagi.

Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, penyediaan BBM yang memadai baik dari segi kuantitas, harga dan akses sangat dibutuhkan nelayan sesuai dengan keperluan operasionalnya. Pihaknya berkomitmen untuk memudahkan akses BBM khususnya BBM bersubsidi bagi para nelayan.

Salah satu upaya KKP lanjut Sakti Wahyu adalah penandatanganan MoU dengan Kementerian BUMN melalui Pertamina beberapa bulan lalu. Namun untuk kuota BBM bersubsidi merupakan kewenangan BPH Migas.

Sementara itu Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie mengatakan, SPBUN di Kecamatan Aluh-aluh tersebut adalah yang pertama di Kabupaten Banjar dengan tujuan untuk mengurangi permasalahan BBM bagi nelayan.

Baca Juga  Tongkang Dijadikan Panggung, Festival Pasar Terapung Tak Semeriah Sebelumnya

“Nelayan bisa mendapatkan akses yang lebih mudah dan  harga BBM yang lebih murah melalui SPBUN sehingga produktivitas dan pendapatan nelayan meningkat,” ujar Habib Idrus.

Habib Idrus berharap nelayan memiliki Kartu e-KUSUKA (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan Elektronik) sebagai alat mendistribusikan bantuan langsung tunai, agar tepat sasaran untuk nelayan kecil dan memberikan banyak manfaat, salah satunya membeli BBM dengan harga bersubsidi

Salah satu nelayan Saipul Bahri mengaku bangga dan senang atas diresmikan SPBUN di Kecamatan Aluh-aluh. Karena menurutnya, nelayan dapat terbantu dengan mendapatkan harga BBM jenis solar dan pertalite yang lebih murah.(oetaya/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img