Sabtu, Maret 2, 2024

Tiga Susu Nabati, Yang Cocok Untuk Campuran Kopi

Susu nabati kini semakin diminati sebagai alternatif susu hewani. Ada 3 jenis susu nabati yang cocok dipadukan dengan secangkir kopi. Apa saja daftarnya?

Susu nabati atau susu plant-based merupakan sari-sari yang didapat dari pemrosesan beberapa jenis kacang dan bijian. Jenis susu ini umumnya dikonsumsi mereka yang alami intoleransi laktosa.

Tapi belakangan, banyak orang umum juga menyukai susu nabati karena profil rasanya yang enak dan nutrisinya yang tak kalah dari susu hewani. Beberapa jenis susu nabati juga cocok dijadikan campuran kopi.

Apa saja jenisnya?

  1. Susu Almond

Ilustrasi Susu Almond Foto: Getty Images/iStockphoto/sutlafk
Susu almond memiliki tekstur lembut, yang mirip dengan susu sapi sehingga kerap menjadi campuran kopi. Tak hanya itu, susu almond juga menyehatkan karena mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi.

Susu almond biasanya juga diperkaya dengan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D, kandungan yang mungkin sulit didapatkan oleh orang yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan.

Susu almond juga rendah kalori, protein, karbohidrat, dan lemak. Meskipun tidak mengenyangkan atau bernutrisi seperti susu sapi biasa, susu almond bisa menjadi pilihan yang lebih ringan untuk alternatif susu.

  1. Susu Oat
Baca Juga  Yuk!! Mulai Konsumsi 7 Ikan Air Tawar Yang Tinggi Protein Ini

Pada umumnya oat dikonsumsi dalam bentuk sereal. Namun, kini banyak yang menikmatinya sebagai campuran pada kopi susu. Saat ini, telah banyak merek susu oat diperkaya dengan nutrisi, mirip dengan alternatif susu lainnya.

Namun, susu oat memiliki protein lebih rendah, yaitu 2 gram per cangkir. Meski demikian, susu oat mengandung 2 gram serat per cangkir, yang dapat membantu meningkatkan asupan serat hariannya

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif yang populer untuk susu sapi. Bahkan sejak dulu, banyak budaya yang telah menggunakan susu kedelai sebagai makanan pokok selama berabad-abad.

Berbeda dari susu nabati lain, susu kedelai mengandung isoflavon, yakni antioksidan alami yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Susu kedelai juga memiliki nutrisi yang mirip dengan susu sapi karena tinggi protein dan nutrisi seperti kalsium, vitamin B12 dan potasium. Namun, susu kedelai biasa lebih rendah karbohidratnya daripada susu sapi.

Dengan demikian, susu nabati terutama kedelai bisa jadi pilihan tepat campuran kopi untuk kaum vegan maupun mereka yang intoleransi laktosa karena rasanya gurih serta memiliki tekstur creamy. (net)

Sumber: detikfood.com

BERITA POPULER