VRI Adakan Sekolah Vertikal Rescue di Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
VRI adakan sekolah vertikal rescue di banjarbaru

Link, Banjarbaru – Vertikal Rescue Indonesia (VRI) berkesempatan mengadakan Sekolah Vertikal Rescue di Kota Banjarbaru.

 

Sekolah vertikal rescue ini, diikuti 54 peserta latih yang dilaksanakan 19 hingga 21 Agustus 2022. Bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kampus Ambulung.

 

Sekolah vertikal rescue ini diikuti dari berbagai daerah, tak hanya dari Kalimantan Selatan sendiri. Bahkan ada yang dari Pulau Jawa, dan Sumatra yang ikut berpartisipasi dalam latihan tingkat satu ini.

 

“Untuk pesertanya sendiri itu ada dari perorangan, swasta, Mapala, dan ada dari beberapa instansi,” ujar Tedi Ixdiana, Komandan VRI.

 

Ia menjelaskan, untuk materi pada latihan tingkat satu ini adalah bagaimana cara mengevakuasi menurunkan, dan memindahkan korban dari ketinggian ke ketinggian lainnya. Karena vertical rescue sendiri adalah kemampuan spesialisasi, penanganan di medan vertikal.

Baca Juga  Ngulik Agenda Besar Vivi Zubedi Membawa Produk Lokal Go International (3-habis)

 

“Seperti pada operasi pencarian, yang membutuhkan personil yang medan vertikal maka dibutuhkan personil yang memahami medan vertikal. Dan perlu diketahui, bahwa di wilayah Indonesia ini dari barat, Papua, hingga Aceh mempunyai medan vertikal, sehingga perlu menyiapkan potensi yang memahami vertikal rescue di banyak tempat di Indonesia” jelasnya.

 

Diketahui, sekolah vertikal rescue ini dilaksanakan diberbagai tempat di Indonesia dan kedepannya pun akan terus mencari bibit-bibit baru yang berpotensi. Saat ini, VRI dalam satu bulan pihaknya bisa mengadakan sekolah vertikal rescue ini sebanyak 3 sampai 4 kali.

 

“Harapan saya, semoga para peserta latihan ini nantinya mendapat ilmu bermanfaat. Dan bisa menggunakan ilmu yang dilatih disini, saat di tempat tugas nanti,” harap Tedy.(wahyu/BBAM)