Rabu, Mei 22, 2024

Wanita Harus Tahu, 5 Makanan Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Terbaru, Nunung Srimulat dikabarkan mengidap penyakit kanker ini. Kanker payudara bisa dicegah dengan konsumsi makanan sehat ini.

Dalam podcast YouTube Ruben Onsu, komedian Nunung Srimulat mengungkap kabar mengejutkan. Dirinya mengaku jika mengidap penyakit kanker payudara.

Sebelum kabar buruk ini, Nunung sebenarnya sudah melakukan kunjungan rutin ke dokter. Namun Nunung dikejutkan ketika dokter mendiagnosa dirinya terkena kanker payudara. Sejak itu, Nunung telah menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker mematikan. Jenis kanker ini tentunya menyerang organ payudara dimana sel di dalamnya membelah dan tumbuh di luar kendali.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya ini. Mulai dari merokok dan terpapar asap rokok, menopause, hingga pola makan yang buruk seperti terlalu sering makan makanan tinggi lemak dan rendah serat.

Untuk menghindari hal ini terjadi, gaya hidup yang sehat harus diterapkan. Itu termasuk olahraga, mengonsumsi makanan yang tinggi serat, serta menghindari makanan yang mengandung lemak jahat.

5 makanan ini bisa membantu mencegah kanker payudara:

  1. Sayuran Hijau

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang harus dikonsumsi rutin. Konsumsi sayuran hijau seperti brokoli bisa membantu mencegah kanker payudara.

Menurut penelitian, brokoli juga dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah penyebaran kanker lebih lanjut. Mary Marian, RDN, selaku asisten professor di Universitas Arizona menyarankan untuk setidaknya konsumsi satu sampai dua porsi sayuran setiap hari.

BACA JUGA  Pria Pukul Wanita di Bus Diamankan Polisi

Sayuran hijau yang dipilih bukan hanya brokoli, melainkan bisa juga kembang kol, kubis, dan kangkung.

  1. Apel

Apel sudah dikenal sebagai buah yang menawarkan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya mencegah kanker payudara.

Di dalam buah apel terdapat sumber antioksidan, serat, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk melawan kanker. Terlebih, kandungan itu bisa didapatkan jika apel dimakan bersama kulit buahnya. Karena sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa kulit apel dapat melawan penyebaran sel kanker.

  1. Ikan

Ikan bukan hanya menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh, melainkan juga membantu mencegah kanker. Selain protein, beberapa jenis ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat bekerja untuk mencegah kanker payudara.

Jenis ikan kaya lemak sehat atau fatty fish juga kaya akan antioksidan untuk mengurangi inflamasi yang sering dikaitkan dengan kanker payudara.

Menurut studi tahun 2020 yang dipublikasikan di Vivo, wanita yang konsumsi ikan berminyak dalam jumlah tinggi punya risiko lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak.

BACA JUGA  Pria Pukul Wanita di Bus Diamankan Polisi

Karenanya, para dokter lebih menyarankan untuk konsumsi ikan berminyak seperti salmon, tuna, makarel, dibandingkan daging merah.

  1. Kunyit

Pemilihan bumbu dapur juga menjadi penting untuk diperhatikan. Daripada memasukkan bumbu makanan yang tinggi gula dan natrium, lebih baik memasukkan bumbu herbal seperti kunyit ke dalam masakan.

Beberapa penelitian menunjukkan zat kimia kurkumin yang ada di dalam kunyit jika dikombinasikan dengan terapi obat tertentu, mampu berperan dalam melawan tumor kanker payudara. Kunyit juga sudah dikenal dengan zat anti-kankernya yang dapat mengurangi inflamasi dan kerusakan sel.

Namun di sisi lain, penelitian lain juga menunjukkan jika kurkumin bisa mengganggu kemoterapi. Sehingga sebelum mengonsumsinya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

  1. Teh Hijau

Selain makanan, ada juga minuman teh hijau yang bisa membantu mencegah penyebaran kanker payudara. Teh hijau dan teh putih keduanya mengandung katekin yang dapat bermanfaat untuk mencegah kanker.

Dalam penelitian pada Agustus 2018 yang dipublikasi di Jurnal Nutrient terungkap bahwa konsumsi teh hijau disarankan karena bisa menjadi minuman efektif memperlambat penyebaran kanker.

Banyak pasien yang mengidap penyakit kanker mulai mengonsumsi teh hijau. Teh hijau juga dapat meningkatkan imunitas tubuh serta menghilangkan racun dari tubuh. (net)

Sumber: food.detik.com

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER