Jumat, April 12, 2024

Wapres Optimis Kalsel Menjadi Lokasi Strategis Ekonomi Syariah

Link, Banjarmasin – Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. Salah satunya Kalimantan Selatan (Kalsel)

Provinsi Kalsel penduduknya didominasi lebih dari 97 persen masyarakat muslim. Dengan demikian, menurut Wapres RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada acara Pengukuhan KDEKS Provinsi Kalsel dan Peresmian Kalsel Nasional Halal Fair 2023 di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/04/2023), menjadikan provinsi ini sebagai lokasi strategis pengembangan ekosistem syariah di masa depan.

“Saya yakin Kalimantan Selatan bisa menjadi simpul utama dalam peningkatan ekonomi dan keuangan syariah di masa mendatang, utamanya di wilayah Kalimantan,” tegasnya.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, sebagai langkah awal, penyelenggaraan Kalsel Nasional Halal Fair 2023 merupakan langkah yang baik. Sebab, kegiatan ini tidak hanya berupa penyampaian arahan-arahan, tetapi juga melibatkan keikutsertaan masyarakat setempat.

“Tidak hanya literasi ekonomi dan keuangan syariah yang semakin meningkat. Tetapi juga semangat masyarakat untuk ambil bagian dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif dapat terus tumbuh,” tutur Wapres.

Baca Juga  HPSN Momentum Merefleksikan Kepedulian Terhadap Lingkungan 

“Untuk itu, saya menyambut baik penyelenggaraan acara ini,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres pun mengungkapkan rasa kegembiraannya menyaksikan antusiasme warga dalam menyambut Kalsel Nasional Halal Fair 2023.

“Saya merasa bangga dan bersyukur bisa hadir di sini, . Sehingga dapat menyaksikan langsung antusiasme masyarakat dalam menyemarakkan Ramadhan, sekaligus menggelorakan semangat ekonomi dan keuangan syariah,” papar Wapres.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melaporkan penyelenggaraan Kalsel Nasional Halal Fair 2023 merupakan momentum untuk memperkenalkan berbagai macam produk halal di wilayah Kalsel, baik di bidang kuliner, wisata, maupun fesyen. Melalui kegiatan ini, ia berharap penguatan ekosistem syariah di Kalsel dapat terus maju dan berkembang.

“Agar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah kami semakin maju dan berkelanjutan,” ungkap Sahbirin.

Hadir dalam acara ini Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta Ibu Raudatul Sahbirin Noor, Plt. Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. (wahyu/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img