223 JCH Banjar Siap Diberangkatkan

Facebook
Twitter
LinkedIn
cjh banjar dilepas

Link, Martapura – Penantian panjang 223 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Banjar akhirnya sampai juga. Menyusul adanya kepastian jadwal keberangkatan untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah pada 12 Juni 2022.

“Alhamdulillah, setelah tertunda karena pandemic Covid-19, hari ini para CJH Kabupaten Banjar dipastikan berangkat pada 12 Juni 2022,” ujar Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat Pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Banjar Tahun 2022, di Masjid Nurul Iman, Indrasari Martapura, Rabu (08/06/2022) pagi..

Untuk diketahui, JCH Kabupaten Banjar tergabung dalam rombongan keberangkatan kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pada 12 Juni 2022.
Kloter 1 JCH Kalsel sendiri terdiri  dari CJH Kabupaten Tabalong, Balangan dan Banjar sebanyak 356 orang JCH. Sebelum diterbangkan pada 12 Juni, seluruh jamaah terlebih dahulu masuk asrama haji, pada 11 Juni 2022.

Jumlah jamaah asal Kabupaten Banjar sebenarnya 414 orang. Namun karena karena ada kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang membatasi usia JCH yang bisa berangkat yaitu 65 tahun, jumlahnya menjadi 223 orang.

Baca Juga  Sekda Banjar: SDM Pemkab Banjar Berkualitas

“Bapak Ibu yang hari ini berkumpul di tempat ini merupakan JCH yang memenuhi persyaratan untuk pemberangkatan tahun ini,” ucapnya.

Kepala Kemenag Banjar H Najwan Noor menambahkan, bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan bimbingan terbaik terhadap jemaah dari keberangkatan hingga kembali ke tanah air.

Kuota calon haji untuk Kalimantan Selatan sebanyak 1.723 orang dan untuk JCH Kabupaten Banjar sebanyak 223 orang.

Dalam acara ini juga diserahkan bingkisan kepada JCH tertua, atas Syahran Muhri Sidik (64 tahun) dari desa Pematang Baru, Kecamatan Martapura Timur. sementara JCH termuda Saudah Asnawi Anang (20 tahun) dari Desa Astambul serta ketua rombongan Muhammad Abduh.

Pelepasan JCH ini juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, Asisten Perekonomian Pembangunan H Masruri, Forkopimda Banjar, Pimpinan Bank Kalsel KC Martapura dan Pimpinan BSI KC Martapura.(spy)