Jumat, September 20, 2024
BerandaLinkTeritoriBupati Banjar Tinjau Progres Proyek Renovasi SDL

Bupati Banjar Tinjau Progres Proyek Renovasi SDL

Link, Martapura – Proyek renovasi Stadion Demang Lehman (SDL) Indrasari Martapura sedang berjalan, untuk melihat proses tersebut Bupati Banjar H Saidi Mansyur langsung meninjau lokasi, Selasa, (17/09/2024).

Progres pekerjaan sudah mencapai 63 persen. Diantaranya pemasangan dan perawatan rumput, penambahan kursi di tribun belakang gawang, penambahan perimeter luar, pembuatan pintu gerbang, dan pekerjaan lainnya.

Saidi yang hobi sepakbola tersebut sangat senang akan progres yang sudah terealisasi dengan melihat langsung ke stadion, seraya meminta informasi dari perwakilan PT Nindya Karya selaku pelaksana renovasi.

Wisnu Shandy selaku Engineering Nindya Karya yang berada di lokasi saat itu menuturkan, bahwa memang kontrak pekerjaan akan berakhir 8 Desember 2024, namun melihat progress saat ini diharapkan pekerjaan akan selesai pada bulan November.

Khusus pemasangan dan perawatan rumput, di SDL ditanami rumput jenis Zoysia matrella, atau bahasa umumnya disebut juga rumput manila.

Wisnu menjelaskan, rumput manila ini sama dengan rumput yang digunakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Di dunia sepakbola, rumput Zoysia matrella dijadikan FIFA sebagai standarisasi rumput stadion sepak bola bertaraf internasional. FIFA sebagai induk tertinggi sepak bola dunia tentu bukan tanpa alasan menjadikan Zoysia martella sebagai ratunya rumput.

SDL merupakan salah satu dari 22 stadion sepakbola di Indonesia yang direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan nilai kontrak pekerjaan sekitar 108 miliar rupiah dan pelaksanaan pengerjaan 270 hari kalender.

Peninjauan Bupati Saidi Mansyur juga didampingi oleh Kepala Dinas PUPRP, Kepala DPMPTSP, Kepala Dinas PMD dan jajaran lainnya.

Di akhir peninjauan Bupati Saidi Mansyur berharap setelah selesai, SDL akan dapat digunakan sebagai sarana berkegiatan olahraga yang representatif, dan terbaik di Kalimantan Selatan, selain itu SDL diharap mampu membawa branding Martapura serta bisa membangun dan mendevelop olahraga sebagai industri, ekonomi dan wisata olahraga di Martapura. (wahyu)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER