Rabu, April 24, 2024

Akad Massal KPR Subsidi Untuk ASN dan Non ASN

Link, Martapura – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyaksikan penandatanganan Akad Massal Nasabah KPR Subsidi bagi ASN dan Non ASN di Provinsi Kalimantan Selatan di Perumahan Fitria Jaya Residence, Jumat (25/8) pagi.

Dalam sambutannya, Paman Birin mengaku bahagia dengan adanya kegiatan akad massal ini, karena hal ini menunjukkan semakin banyaknya masyarakat Kalsel memiliki rumah. Karena menurut Paman Birin, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia.

“Akad hari ini merupakan sinergi dari stakeholder, semoga berkah,”ujarnya.

Paman Birin mendo’akan, agar semakin banyak masyarakat Kalsel yang tidak punya rumah, bisa memiliki rumah yang tentunya dengan harga terjangkau.

“Tidak ada kebahagiaan yang dirasakan oleh seorang pemimpin, selain melihat masyarakatnya yang semakin sejahtera. Mudah-mudahan akan semakin banyak masyarakat yang mendapat perumahan,” sampainya.

Direktur Pembiayaan BP Tapera, Hari Sundjojo, mengatakan, akad hari ini sebagai bentuk pemenuhan kesejahteraan melalui perumahan hasil kerjasama DPD REI, Tapera, Pemprov Kalsel dan Bank Kalsel.

Pihaknya juga mengapresiasi kegiatan akad yang juga dilakukan pembagian bibit pohon untuk ditanam di setiap rumah sebagai ujud revolusi hijau.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), Hj Mursidah Amini, mengatakan, akad massal ini juga rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional yang diperingati setiap 25 Agustus.

Baca Juga  Gubernur Yakin Geopark Meratus Diterima UNESCO

“Penyaluran KPR subsidi program FLPP dan Tapera sejak Januari sampai Agustus sebanyak 960 nasabah yang 175 di antaranya ASN,” jelasnya.

Melalui REI Kalsel sebesar 63 persen dari total akad nasabah KPR Subsidi. Telah direalisasikan pula akad KPR Subsidi sebanyak 216 unit yang 20 di antaranya nasabah Tapera.
Lebih lanjut Aminy menyampiakan, sebagai bahan perbandingan, sebelum dilakukan kerjasama Pemprov Kalsel, BP Tapera dan Bank Kalsel, nasabah KPR subsidi Bank Kalsel pada 31 Agustus 2022 terjadi peningkatan menjadi 5.673 nasabah atau 45 persen.

Ketua DPD REI Kalsel H Ahyat Sarbini menyampaikan, akad hari ini untuk 150 unit rumah. Dan membanggakannya adalah ini merupakan pilot project se-Indonesia.

Dikatakan pula, pembangunan perumahan itu melibatkan 185 industri, sehingga terbangunnya perumahan juga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan itu CSR DPD REI Kalsel juga memberikan sembako kepada 100 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di sekitar perumahan. Serta juga dibagikan bibit pohon yang ditanam disetiap rumah, bantuan dari bank kalsel.

Paman Birin menyerahkan secara simbolis paket sembako dan bibit pohon. Turut hadir dalam kegiatan ini, staf khusus gubernur Rizal Akbar, Komisaris Utama Bank Kalsel, Dirut Bank Kalsel, serta para pengembang perumahan. (tri)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img