Senin, Maret 4, 2024

Amankan Pemilu, TNI Polri Siapkan Ratusan Personel

Link, Martapura  – TNI/Polri menjamin pelaksanaan dan proses pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tetap berjalan aman dan kondusif. Untuk itu, kedua intansi tersebut mengerahkan ratusan personel untuk amankan pemilu.

Komandan Kodim (Dandim) 1006/Banjar, Letnan Kolonel (Letkol) Kav Zulkifer Sembiring mengatakan, sebanyak 450 orang personel dalam kondisi siaga untuk mendukung dan mem-backup pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 yang dilaksanakan Polres Banjar.

“Semua personel dalam kondisi siaga S3B. Artinya Setiap Saat Siap Bergerak. Jadi, setiap harinya ada personel yang masuk ke dudukan di lokasi-lokasi sekitar TPS, saat proses pendistribusian logistik pemilu yang bersinergi dengan personel Polres Banjar,” ujarnya pada, Minggu (11/2/2024).

Usai menghadiri Apel Siaga Persiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar. Letkol Kav Zulkifer memastikan setiap personel di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1006 Banjar juga selalu standby.

“Prajurit yang tidak masuk dalam plotting juga tetap melaksanakan apel siaga di Makodim 1006 Banjar. Siaga amankan pemilu ini sudah kita laksanakan sejak satu bulan yang lalu hingga proses pemungutan, penghitungan suara selesai hingga ditetapkan pemenangnya,” katanya.

Baca Juga  Hadiah Kirab Pemilu 2024, Bupati Banjar Bilang Begini..

Ditempat yang sama, Wakapolres Banjar, Kompol Faisal Amri Nasution menjelaskan, dari 674 personel Polres Banjar ditambah 36 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel). Sebanyak 446 personel  akan di plotting untuk Petugas Pengaman (PAM) TPS, selebihnya ada di power of pimpinan, patroli, dan kegiatan lainnya.

“Untuk Tim Pengendalian Massa (Dalmas) juga sudah kita siapkan semua. Agar pelaksanaan pemilu tetap berjalan kondusif hingga selesai, tentunya kita butuh dukungan dari masyarakat,” tuturnya.

Karena tahapan kampanye sudah berakhir dan memasuki masa tenang pemilu, lanjut Kompol Faisal, terhitung sejak 11 – 13 Februari 2024 Polres Banjar bersama Bawaslu Kabupaten Banjar, serta stakeholder terkait lainnya tengah melaksanakan kegiatan pelepasan Alat Peraga Kampanye (APK). (zainuddin/klik)

BERITA POPULER