Selasa, Mei 21, 2024

Besok Subsidi Kendaraan Listrik Akan Diumumkan

Jakarta – Pemerintah akan serius mendorong penggunaan kendaraan listrik. Jika tidak ada halangan, subsidi kendaraan listrik akan diumumkan Senin, 6 Maret 2023 atau besok.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jumat (3/3) lalu.

“Hopefully minggu depan sudah keluar mengenai kebijakan insentif (kendaraan listrik) ya. Bukan subsidi. Insentif yang diberikan kepada motor dan mobil,” kata Luhut.

“Ya nanti Senin lah kita lihat,” lanjutnya.

Soal bentuk insentifnya, Luhut enggan merinci. Yang jelas, kata dia, pengumuman pasti akan dilakukan minggu depan.

BACA JUGA  BBM Naik, Motor Listrik Kini Menjadi Alternatif, Berikut Daftar Harganya

“(Bentuknya) nanti akan diumumkan tunggu saja,” ujarnya.

Sebelumnya Menteri ESDM Arifin Tasrif memastikan kebijakan pemberian subsidi untuk kendaraan listrik akan berjalan mulai Maret 2023 ini. Kepastian itu diungkap Arifin usai melakukan rapat koordinasi di kantor Luhut dengan beberapa menteri lainnya.

“Rencananya kita Maret sudah jalan nih,” kata Arifin Tasrif di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (20/2) lalu.

Dia mengatakan, subsidi ini menyasar konversi ke motor listrik, pembelian motor baru dan mobil baru. Namun, untuk mobil dia memastikan bentuknya bukan dalam wujud uang.

BACA JUGA  BBM Naik, Motor Listrik Kini Menjadi Alternatif, Berikut Daftar Harganya

“Sepeda motor konversi dan juga motor baru juga ada, kendaraan roda empat juga ada tapi bukan uang,” katanya.

Arifin menyebut dengan pemberian subsidi motor listrik ini diharapkan membantu masyarakat memiliki kendaraan listrik dengan harga yang terjangkau.

Arifin pun mengkonfirmasi, besaran subsidi untuk motor listrik sekitar Rp 7 juta. “Ya kalau sepeda motor kira-kira besarannya magnitude-nya itu,” katanya. (net)

Sumber: Detik.com

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER