Diah Minta Kontraktor Lokal Diayomi

Facebook
Twitter
LinkedIn
Anggota DPRD Kabupaten Banjar, Hj Diah Mihatri Bidaniar

Link, Martapura – Anggota DPRD Kabupaten Banjar, Hj Diah Mihatri Bidaniar harapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dapat mengayomi kontraktor lokal.

Pernyataan tersebut diungkapkan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Banjar setelah ia mendapat informasi bahwa banyak kontraktor dari luar daerah yang mengerjakan proyek di Kabupaten Banjar.

“Sedangkan pengusaha lokal kita hanya bisa menyaksikan saja. Bagaimana pengusaha lokal kita bisa hidup, menghidupi Sertifikat Badan Usaha (SBU) dan lain sebagainya, serta pajak. Kalau yang dapat proyek hanya pengusaha dari luar daerah,” ujarnya.

Karena itu, Diah Mihatri Bidaniar yang juga menjabat sebagai Ketua Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) yang beranggotakan sebanyak 140 pelaku usaha lokal, mengharapkan Pemkab Banjar juga memperhatikan nasib kontraktor lokal yang ada di Kabupaten Banjar.

“Minimal mereka mendapatkan proyek Penunjukan Langsung (PL) agar mereka bisa tetap hidup. Contoh, seperti di Kabupaten Tanah Laut, Kota Pelaihari, untuk pekerjaan PL mutlak untuk pengusaha daerah. Boleh pengusaha luar ikut bekerja, namun mereka tetap mendahulukan pengusaha lokal, atau pengusaha luar daerah memakai perusahaan lokal, sehingga pengusaha lokal juga dapat hidup,” bebernya.

Baca Juga  BPBD Kalsel Terima Satu Unit Helikopter

Selain itu, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar ini pun mengaku dirinya mendapat informasi dari pelaku usaha lokal bahwa, untuk proyek PL senilai Rp100 Juta ada yang melalui proses lelang.

“Kalau batasan lelang itukan lebih Rp200 Juta. Kalau Rp100 Juta harus melalui lelang, apa dasarnya? Kan sudah aturannya terkait lelang proyek,” tuturnya.

Kendati demikian, dirinya mengaku masih belum dapat memastikan apakah informasi tersebut valid.(Zai/BBAM)