Sabtu, Maret 2, 2024

Diterjang Banjir, Jalan Sungai Kertak Baru Rusak

Link, Banjarbaru-Banjir bandang yang menerjang Kertak Baru Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, bukan hanya membuat repot warga yang terdampak banjir. Infrastruktur jalan juga ada yang terkoyak akibat terjangan arus deras.

Salah satu infrastruktur yang mengalami kerusakan cukup parah akibat diterjang banjir adalah Jalan Sungai Kertak Baru Kecamatan Cempaka. Lapisan aspal di badan jalan terkelupas hingga menjadikan jalan tersebut tak layak dilewati.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru Adi Maulana mengatakan, kerusakan pada jalan akibat diterjang banjir  itu bukanlah lagi tanggung jawab kontraktor atau pihaknya.

“Karena kerusakan yang terjadi pertama tidak dapat diperbaiki lantaran faktor bencana alam seperti banjir kerusuhan dan lainnya. Makanya itu tidak menjadi tanggung jawab siapa siapa,” ungkapnya, Jumat 24 Februari 2023.

Baca Juga  Vaksinasi Banjarbaru, Semakin Siang Semakin Ramai

Adapun jika diaturan menyebutkan bahwa apabila ada suatu proyek itu masih tanggung jawab kontraktor selama 10 tahun memang benar adanya.

“Tetapi yang dimaksud di situ adalah kegagalan konstruksi misalkan jalan yang baru dibuat tanpa sebab dan sebagainya tiba-tiba hancur.Namun hal itupun harus diuji lagi dengan para ahli,” jelasnya.

Adapun sementara ini data untuk infrastruktur yang mengalami kerusakan akibat banjir memang sudah ada namun untuk jumlahnya belum diketahui pasti.

“Kami masih melakukan pendataan nanti kalau sudah selesai akan saya kirim, dan memang setelah pendataan itu akan segera kami perbaiki juga,” tandasnya. (oetaya/BBAM)

BERITA POPULER