DKUMPP Sidak Restoran Gunakan LPG 3 Kg

Facebook
Twitter
LinkedIn
DKUMPP dapati restoran gunakan gas LPG 3 KG

Link, Martapura – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar melakukan sidak keretoran-restoran yang diduga menggunakan LPG 3 Kg untuk kebutuhan usahanya.

Banyaknya keluhan masyarakat ikhwal mahalnya harga gas LPG 3 Kg, mencapai Rp50.000, direspon cepat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar. Melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar dilaksanakan inspeksi mendadak (sidak).

Bersama Tim Satgas Pangan Polres Banjar, DKUMPP melalui Bidang Perdagangan melakukan sidak di sejumlah restoran yang masih menggunakan LPG 3 Kg di wilayah Inderasari, Kecamatan Martapura, Jumat (29/7/2022).

Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Barang Pokok dan Penting, Eka Yustinawati, bersamaan sidak juga dilakukan penukaran tabung. “Kami juga melakukan trade in tabung 3 Kg ke tabung 5,5 Kg di lokasi sidak,” ujarnya.

Dikatakan Eka, sidak sekaligus trade in tabung dilakukan di sejumlah restoran dan warung makan yang masih menggunakan gas LPG 3 Kg. “ Tadi ada 46 tabung LPG 3 Kg yang ditukarkan dengan 23 tabung pink 5,5 Kg.

Sidak restoran dan rumah makan yang masih menggunakan LPG 3 kg, menurut Eka dilakukan lantaran tidak sesuai peruntukan. Pasalnya LPG 3 Kg hanya untuk para pelaku UMKM, nelayan, dan masyarakat ini.

Tak sesuai peruntukan ini pula, lanjutnya, menjadi salah satu penyebab harga LPG 3 Kg mencapai Rp50.000. (rdt)

Baca Juga  Pekan Depan Kejari Banjarbaru Panggil Saksi Kunci Perkara KONI