Hujan Sejak Subuh Cempaka Banjir Lagi

Link, Banjarbaru – Guyuran hujan lebat sejak dini hari membuat warga Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru disibukkan datangnya banjir.

Lagi- lagi Sungai Kertak Baru, Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru kembali meluap. Sungai itu, meluap hingga ke Jalan Raya, dan merendam beberapa rumah warga setempat.

Diguyur hujat lebat, sejak pagi hingga sekarang Sungai Kertak Baru, Cempaka kembali meluap. Hal ini terjadi tak hanya sekali dua kali, namun hampir setiap intensitas hujan tinggi maka daerah tersebut akan terjadi banjir, atau air sungai meluap.

“Iya airnya sudah mulai naik, bisa dilihat air yang meluap tersebut berwarna kuning coklat dan terlihat kotor bercampur pasir,” ungkap Atung, warga setempat.

Warna air yang kecoklatan dan berpasir tersebut, karena diduga karena gundulnya hutan di hulu Sungai Kertak Baru. Sehingga, saat air turun dari hulu maka pasir dan lumpur ikut hanyut bersamaan dengan air.

“Saat ini, sudah ada beberapa RT yang terdampak dari meluapnya sungai Kertak Baru ini. Diantaranya, RT 22 RT 6 RT 23 RT 24 RT 25 yang sudah mulai terendam,” tambah warga.

Namun, jika hujan sudah mulai reda maka air sungai pun kembali surut, dan aktivitas warga setempat pun akan kembali normal.

“Sampai ini hujan tak lagi reda. Nah kalau hujan tak kunjung reda, sudah dipastikan air bah akan masuk rumah,” tambah Acil Isah yang juga warga setempat.

Sekadar mengingatkan, di tahun 2022 ini saja sudah beberapa kali banjir melanda Cempaka. Keberadaan embung yang dibangun untuk mengatasi masalah tersebut juga tak begitu memberikan manfaat. (wahyu/BBAM)