Sabtu, Maret 2, 2024

Wali Kota Tinjau Banjir di Kecamatan Cempaka

Link, Banjarbaru – Menjadi langganan banjir, HM Aditya Mufti Arifin, Wali Kota Banjarbaru tinjau beberapa titik lokasi rawan banjir di Kecamatan Cempaka.

Dibarengi dengan hujan lebat, Wali Kota Banjarbaru bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis meninjau lokasi banjir yang ada di Kertak Baru, Cempaka, Kecamatan Cempaka. Tak hanya di Kertak Baru, Wali Kota pun meninjau titik lainnya yaitu di Sungai Tiung Cempaka.

“Iya hari ini Pak Wali meninjau titik-titik, genangan air di kelurahan Cempaka dan Sei Tiung,” ujar Dedi Hariadi, Camat Cempaka yang ikut mendampingi Wali Kota, Senin (5/9/2022).

Dedi mengatakan bahwa dalam tinjauan ini Wali Kota memberikan arahan kepada SKPD teknis, terkait dengan keadaan Cempaka yang menjadi langganan banjir.

“Pak Wali Bersama Ketua DPRD, Kadis PUPR, Ka BPBD, Kadinsos, anggota DPRD dapil Cempaka,” tambahnya.

Baca Juga  BPPRD Banjarbaru Buru Kafe dan Restoran Permainkan Pajak

Diketahui, diguyur hujat lebat sejak pagi Sungai Kertak Baru, Cempaka kembali meluap. Hal ini terjadi tak hanya sekali dua kali, namun hampir setiap intensitas hujan tinggi maka daerah tersebut akan terjadi banjir, atau air sungai meluap.

“Iya airnya sudah mulai naik, bisa dilihat air yang meluap tersebut berwarna kuning coklat dan terlihat kotor bercampur pasir,” ungkap Atung, warga setempat.

Warna air yang kecoklatan dan berpasir tersebut, karena diduga karena gundulnya hutan di hulu Sungai Kertak Baru. Sehingga, saat air turun dari hulu maka pasir dan lumpur ikut hanyut bersamaan dengan air.

“Saat ini, sudah ada beberapa RT yang terdampak dari meluapnya sungai Kertak Baru ini. Diantaranya, RT 22 RT 6 RT 23 RT 24 RT 25 yang sudah mulai terendam,” tambah warga. (Wahyu/BBAM).

BERITA POPULER