Sabtu, Maret 2, 2024

Hujan Sejak Subuh, Warga Cempaka Kembali Kebanjiran

Link, Banjarbaru – Lagi, rumah tempat tinggal warga yang ada di Jalan Krtak Baru, RT 22, RT. 5, RT 23, RT.24, RT, 25. yg terandam, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka kembali terendam.

Diguyur hujan sejak subuh, sejumlah titik pemukiman di Kecamatan Cempaka kembali kebanjiran. Lamanya hujan turun dan tingginya itensitas curah hujan memperparah kondisi.

Salah satuwar ga Bahrul mengatakan, memang tempatnya ini sudah menjadi langganan untuk banjir.

“Kami tidak tahu pemerintah se akan akan, tidak peduli. Karena hanya memikirkan pembangunan di Kota saja, sementara di tempat kami, nasibnya begini-begini aja,” ungkapnya saat ditemui di lokasi Senin 7 November 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, memang untuk penanggulangan banjir pemerintah telah membuat embung. Tetapi ternyata embung tersebut tidak berfungsi dengan baik.

“Mungkin karena embung itu dibangun berada pada bagian hilir desa kami. Atau tepatnya berada di belakang desa kami. Sementara yang banjir berada di desa kami atau depan pada bagian embung,” jelasnya.

Baca Juga  KPU Banjarbaru Mulai Distribusikan Logistik ke TPS

Ditambahkannya, bahwa prediksi banjir ini akan selesai dalam 5 jam hingga 6 jam kedepan setelah hujan reda.

“Ya kalau airnya pasti surut. Namun yang kami hadapi setelah itu adalah membersihkan lumpur di dalam rumah setelah banjir. Dan itu sangat susah dibersihkan,” tambahnya.

Dijelaskannya juga adanya lumpur atau tanah tersebut pada saat selesai banjir, disinyalir datang dari bekas galian.

“Pasti kotor dengan lumpur rumah kami setelah hujan. Karena hujan tersebut membawa lumpur dari wilayah hulu,” jelasnya.

Akibat permasalahan ini, dirinya meminta agar pemerintah daerah jangan hanya mementingkan keindahan atau pembangunan pada bagaian kota saja. Sementara yang sering kena musibah di daerah Cempaka di tinggalkan.

“Harus bijak menurut saya, jangan kepentingan semata,” tandasnya. (oetaya/BBAM)

BERITA POPULER