Rabu, April 24, 2024

PT SMI Monitoring Pasar Bauntung Banjarbaru

Link, Banjarbaru – PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan perwakilan Bank Dunia (World Bank) melakukan monitoring kondisi terkini dari Pasar Bauntung Banjarbaru, di Jalan RO Ulin Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru, Kota Banjarbaru, Jumat (3/6/2022).

Kepala Divisi Pembiayaan Publik 3 PT SMI, Adri Posoro mengatakan, Pasar Bauntung Banjarbaru mendapatkan apresiasi dari Kementerian Keuangan RI, sehingga PT SMI dan Bank Dunia langsung memonitoring ke pasar tersebut.

“Kami juga ingin melihat kondisi pasar dan pedagang secara langsung di pasar ini,” ucapnya.

Adri melanjutkan, dalam monitoring reguler yang dilakukan pihaknya di Pasar Bauntung ini menilai Pemko Banjarbaru adalah salah satu debitor yang paling baik dalam pembangunan infrastruktur.

“Kami juga mengajak teman-teman Bank Dunia untuk monitoring, dalam pembiayaannya mendapat support dari Bank Dunia khusus Pasar Bauntung Banjarbaru ini,” tuturnya.

Adri menambahkan, kegiatan ini merupakan monitoring berkala. Pihaknya menilai kondisi Pasar Bauntung sudah sangat bagus, ditambah apresiasi dari Kemenkeu RI.

“Kami dari PT SMI berharap kepada pengelola Pasar Bauntung Banjarbaru lebih memperhatikan dan menjaga baik pedagang maupun pembeli. Juga terkait isu-isu klasik pasar harus diperhatikan, seperti pengelolaan limbah, retribusi dan lebih memudahkan pedagang, serta berdampak baik kepada pemerintah kota,” harapnya.

Baca Juga  Penghuni LP Didominasi Terpidana Narkoba, Korupsi 16 Orang

Sementara itu, Urban Specialist Team Leader Regional Infrastructure Development Fund (RIDF) World Bank, Griya Rufianne menyampaikan, Pemko Banjarbaru merupakan salah satu kota yang melakukan pinjaman kepada Bank Dunia melalui skema RIDF.

“Banjarbaru merupakan salah satu kota atau pemda yang melakukan pinjaman melalui skema RIDF,” pungkasnya.

Griya mengaku sangat senang berkunjung di Pasar Bauntung Banjarbaru. Karena ini merupakan salah satu pasar ternyaman yang pernah dilihat terutama di luar Ibu kota Jakarta.

Dalam kunjungannya di Pasar Bauntung, pihak Bank Dunia melakukan perbicangan dengan beberapa pedagang dan berbelanja.

“Saya harap pasar Bauntung Banjarbaru bisa berfungsi sebagaimana mestinya, kebersihan, penataan yang bagus dan bisa lebih ramai lagi pengunjung serta pembelinya,” harapnya.

Griya menambahkan, dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Pemerintah daerah pihak Bank Dunia bekerja sama dengan PT SMI.

“Diharapkan tidak hanya Banjarbaru yang menjadi klien juga diikuti oleh pemerintah daerah lainnya. Dan banyak inovasi yang sudah dilakukan Banjarbaru, sehingga kita berharap ini menjadi percontohan untuk Pemda lain,” tuntasnya. (Ita/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img