Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaHeadlineJangan Takut Allah Bersama Kita

Jangan Takut Allah Bersama Kita

Bismillahirrahmannirrahim
“Tenangkan hatimu, kuatkan jiwamu dan janganlah pernah kalian takut, karena Allah selalu bersamamu dimana pun kalian berada”.

Safariyansyah, Budayawan Spiritual
Mencari yang Hilang Memelihara yang Terlupakan

Didalam QS Al Hadid 4 difirmankan:  “Wa huwa ma’akum aina ma kuntum”
“Dan Dia (Allah) bersama kalian dimanapun kalian berada”.

Penggalan ayat-ayat pendek semacam ini dalam Alquran merupakan kaidah Quraniyyah (ketentuan Alqur’an) yang dapat kita jadikan sebagai pegangan hidup.

Ketika mendengar kalimat ayat tersebut bisa saja mmemilikii banyak arti mamun yang terpenting adalah ada hal prinsip yang harus kita pahami.

Pertama, (Allah Selalu bersamamu)-

Saat kita meyakini bahwa Allah selalu bersama kita pastinya kita akan takut hendak melanggarnya. Bagaimana aku akan melanggar ketentuan Allah, menerjang larangannya sedangkan Dia (Allah) bersama ku, Dia melihat ku, Dia Hadir melihat ku?

Dia (Allah) mengetahui apa pun yang kalian lakukan. Setidaknya ayat ini akan membawa kita mencegah untuk melakukan hal-hal yang melanggar Allah.

Kedua, ayat ini juga memberi support dan keberanian kita apapun dan bagaimanapun keadaan mu, kamu sedang bersama Allah, kenapa harus takut?  Allah tidak mensia-siakan mu dan tidak juga meninggalkanmu karena Dia adalah maha pengasih dan penyayang .

Baca juga  Ini Kreteria Pelaksanaan Dam JHI dari Kemenag

Keyakinan yang semacam ini akan memberikan kekuatan dan kekokohan kita dalam hidup dan menjalani kehidupan yang penuh dengan cobaan dst…
Yakınlan bahwa Allah Selalu bersamamu.  Sikap dan keyakinan semacam inilah yang dimiliki para Nabi sebagai pegangan hidup.

Akisah dalam Surat Thoha 46. ketika Nabi Musa As dan Nabi Harun As diperintahkan oleh Allah menuju Fir’aun untuk mengajak kembali kejalan Allah, mengesakan Allah, Keduanya  (Nabi Musa dan Nabi Harun) merasa ragu bimbang, cemas dan semacamnya maka saat itu Juga Allah berfirman:
“Janganlah kartiu berdua khawatir, Sesungguhnya Aku bersama kamu berdua, Aku mendengar dan melihat”.
Ketika Nabi Musa mendengar ayat tersebut “Aku bersama mu maka selesailah sudah, karena tidak ada sesuatu pun yang ditakutkan (Fir’aun dan kekuatan nya).

Begitu juga kisah dalam QS. Attaubah 40
ketika dia (Muhammad) berkata kepada Sahabatriya. Janganlah engkau bersedih, sesungguhriya Allah bersanta kita.
Merasa bahwa Allah selalu bersama kita akan membawa spirit, kekuatan, tidak pesimis dan tidak takut Allah bersama kita bermakna bahwa Allah menyelamatkan kita.

Wassalam,
Afwan

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER