Jumat, Juni 14, 2024
BerandaLinkFlashKilang Pertamina Dumai Riau Meledak

Kilang Pertamina Dumai Riau Meledak

Linkalimantan.com – PT Pertamina kembali diguncang prahara. Kali ini kilang minyak di Dumai, Riau meledak pada Sabtu (1/4) malam. Dalam peristiwa tersebut 9 orang pekerja perusahaan plat merah tersebut jadi korban.

Dilansir dari https://www.cnnindonesia.com, kilang minyak milik Pertamina di Dumai, Riau, meledak pada Sabtu (1/4) malam. Akibat ledakan itu, rumah hingga masjid di sekitar kilang itu rusak.

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto, mengonfirmasi ledakan itu terjadi di Kilang Pertamina Putri Tujuh. Kini, ia sedang berada di tempat kejadian perkara (TKP)

“Ya. Ini lagi di TKP,” ujar Nurhadi, seperti dilansir Detikcom.

Salah satu warga di lokasi, Rahmat, mengatakan ia merasakan dua getaran kuat saat ledakan. Warga pun berhamburan keluar rumah.

“Rumah warga yang rusak, yang radius dekat kilang. Ada masjid juga sekitar radius 3 kilometer,” ucap Rahmat.

BACA JUGA  Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Belasan Orang Tewas

Korban ledakan kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) di Dumai, Riau, bertambah menjadi sembilan orang. Korban tersebut merupakan pekerja di ruang operator yang terkena pecahan kaca.

Area Manager Communication, Relations, & CSRPT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai Agustiawan mengatakan seluruh korban sudah kembali ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan di RS Pertamina setempat.

Akibat dari kejadian ini, beberapa rumah warga dan rumah ibadah khususnya yang berdekatan dengan kilang juga mengalami kerusakan minor. PT KPI RU Dumai disebut akan segera menanggulangi kerusakan yang terjadi.

“PT KPI RU Dumai meminta maaf atas kejadian ini dan kami akan bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi di masyarakat,” ujar Agustiawan dalam keterangan resmi, Minggu (2/4).

BACA JUGA  Mulai 1 Januari Harga BBM Non Subsidi Pertamina Turun

Agustiawan menjelaskan saat ini PT KPI RU Dumai sedang membentuk Tim Pemulihan yang melibatkan pemerintah daerah, penegak hukum, serta perwakilan masyarakat untuk mempercepat langkah pemulihan, termasuk pendataan terhadap kerugian di masyarakat.

Selain itu PT KPI RU Dumai juga sudah menyiapkan tim medis untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Sementara proses investigasi penyebab insiden masih dalam proses penyelidikan.

“Kami pastikan juga bahwa stok BBM Nasional, khususnya wilayah Sumatera Bagian Utara, dalam keadaan aman. Semoga proses recovery dapat berjalan baik sehingga beberapa hari ke depan kondisi operasional kilang sudah dapat berjalan optimal,” kata Agustiawan. (spy/net)

BERITA LAINNYA

POPULER