Senin, Maret 4, 2024

Kuliah Umum dan Bedah Buku “Aldera” Bersama Paman Birin

Link, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri Kuliah Umum dan Bedah Buku Aldera : Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 di General Building Lecturer Theatre Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Selasa (21/02)

Kegiatan yang turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar itu menghadirkan Keynote Speaker, anggota VI BPK RI, Dr Pius Lustrilanang, SPI, MSi, CFRA, CSFA.

Paman Birin mengatakan, kegiatan ini menghasilkan pemikiran generasi muda dari sejarah bangsa ini.

Pemahaman tentang sejarah yang baik akan melahirkan semangat kebangsaan yang kuat.

Buku ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 ujarnya merupakan catatan pergerakan politik di Indonesia.

“Ini sangat penting diketahui kaum muda atau mahasiswa yang di harapkan terus aktif bergerak meneruskan perjuangan,” ungkap Paman Birin.

Baca Juga  Paman Birin Hadiri Puncak Harjad Tanah Laut ke 58 Tahun

Sementara itu, Rektor ULM, Prof Dr Ahmad Alim Bachri, SE mengatakan, kampus ULM salah satu sebutannya adalah Kampus Perjuangan, karena dilahirkan para pejuang bangsa yakni Brigjen Hasan Baseri, pahlawan nasional yang juga rektor pertama ULM.

Buku ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 merekam salah satu etape perlawanan terhadap rezim otoritarianisme Orde Baru pada awal 1990-an hingga kejatuhan Soeharto.

Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA) memainkan peranan penting dalam interaksi perlawanan atas rezim.

Buku ini menceritakan gerakan pemuda progresif di dekade terakhir kekuasaan Orde Baru yang aktivitasnya bermula di awal 1990-an melalui gerakan pembelaan petani dan pemuda yang berujung pada perjuangan politik untuk mengakhiri otoritarianisme Orde Baru. (why)

BERITA POPULER