Mess L Yang Kini Menjadi Pusat UMKM (5)

Facebook
Twitter
LinkedIn
mess l dijadikan pusat umkm

Awal Februari 2022 Mess L pun Menjadi Kawasan Pengembangan UMKM dan IKM

Oleh:Wahyu Trisna Tri Kusuma Wati

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banjarbaru menjadikan area dan bangunan Mess L sebagai komplek kreatif pameran produk bagi pelaku Industri Kecil Menengah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Langkah Dekranasda Banjarbaru itu ditandai soft opening Dekranasda Creative Hub yang dipusatkan di area sekitar dan bangunan Mess L yang terletak di Jalan Garuda Kelurahan Komet, Banjarbaru Utara, Rabu (02/02/2022)..

Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin mengatakan, Mess L selain dijadikan komplek kreatif produk IKM maupun UMKM juga diisi program pelatihan dan pengembangan bisnis.

“Setiap pengrajin IKM dan UMKM khususnya di Banjarbaru disiapkan tempat menampilkan produknya dan mereka juga bisa mengikuti program pelatihan serta pengembangan bisnis bagi pengrajin lokal,” ujarnya.

Menurut istri Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin itu, Dekranasda akan menampilkan produk kreatif dari setiap pengrajin dengan nuansa yang modern tanpa meninggalkan nilai kearifan lokal.

Baca Juga  Mess L Yang Kini Menjadi Pusat UMKM (3)

Diharapkan, bangunan bersejarah yang dijadikan pusat pameran produk lokal itu menjadi daya tarik bagi masyarakat Banjarbaru dan sekitarnya maupun wisatawan lainnya yang datang ke kota setempat.

“Pengrajin IKM maupun UMKM yang mengikuti program akan mendapatkan fasilitas gratis untuk memamerkan serta menjual produk-produknya secara langsung ditempat maupun stand yang disediakan,” ungkapnya.

Dikatakan, Dekranasda Banjarbaru memberikan dukungan terhadap para pengrajin IKM dan UMKM sehingga mampu bersaing baik di tingkat lokal, provinsi hingga mampu menembus pasar nasional dan internasional.

“Potensi produk IKM dan UMKM di Banjarbaru luar biasa sehingga kami menggelar Dekranasda Creative Hub yang menyediakan kebutuhan primer, sekunder dan tersier satu tempat sehingga berkelanjutan,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini pelaku UMKM yang bergabung dalam Dekranasda cukup banyak dan mereka bersedia memamerkan produknya yang diatur Disporabudpar secara bergiliran di tempat tersebut. (bersambung)