Mess L Yang Kini Menjadi Pusat UMKM (6)

Facebook
Twitter
LinkedIn
au apresiasi mess l jadi pusat umkm

Danlanud Sjamsudin Noor Apresiasi Dijadikannya Aset AU Lebih Bermanfaat

Oleh:Wahyu Trisna Tri Kusuma Wati

Berbagai inovasi terus dikembangkan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru, salah satunya menyulap Mess L menjadi fasilitas yang memberikan manfaat lebih luas bagi masyarakat. Dibawah kepemimpinan Walikota Banjarbaru HM Adtya Mufti Ariffin, Pemko Banjarbaru bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru, untuk menyulap Mess ’’L’’ menjadi kawasan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM) Banjarbaru.

Langkah Dekranasda Banjarbaru itu ditandai dengan Soft Opening Dekranasda Creative Hub yang dipusatkan di area sekitar dan bangunan Mess ’’L’’ Lanud Sjamsudin Noor yang merupakan asset  TNI AU yang terletak di Jalan Garuda Kelurahan Komet, Banjarbaru Utara, Rabu (02/02/2022).

Menurut Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago yang didampingi Ketua PIA AG Cab.11/D.II Lanud Sjamsudin Noor Ny. Jenny Maizir, S.E., M.M., saat hadir dalam acara tersebut menyampaikan sangat menyambut baik inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Banjarbaru ini.

Mess L sebut Danlanud, yang dipermak Dekranasda terkesan lebih modern tanpa meninggalkan kearifan lokal yang ada tersebut, sangat potensial dijadikan sebagai tempat untuk pengembangan UMKM dan IKM Kota Banjarbaru, lantaran dapat menampung banyak sektor usaha di dalamnya.

“Ini merupakan salah satu langkah dalam mengembangkan produk IKM maupun UMKM dengan adanya rumah produksi bersama dan sarana kreatif untuk orang-orang di Banjarbaru. Saya berharap bangunan bersejarah milik TNI AU yang dijadikan pusat pameran produk lokal ini dapat  menjadi daya tarik bagi masyarakat Banjarbaru dan sekitarnya maupun sebagai pusat tujuan utama bagi para wisatawan, baik lokal, domestik, maupun mancanegara yang ingin mencari buah tangan khas Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Baca Juga  Mess L Yang Kini Menjadi Pusat UMKM (Selesai)

Diketahui dalam Soft Opening Dekranasda Creative Hub ini, interior masing-masing ruangan di Mess L didandani semenarik mungkin dengan konsep dan tema yang berbeda-beda pula. Dalam Dekranasda Creative Hub menyajikan bangunan dengan interior menarik serta menyiapkan 9 toko dan 10 stand untuk memfasilitasi para pengrajin pelaku UMKM dan IKM dibidang kerajinan, makanan dan minuman di bangunan yang luasnya sekitar 600 meter persegi itu.

Dekranasda Kota Banjarbaru ini dapat menjadi sentra ekonomi kreatif baru dan dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Dan kedepannya, untuk menarik minat masyarakat dan wisatawan, juga akan dihadirkan ragam kegiatan diantaranya berupa pameran kesenian yang melibatkan seniman lokal, workshop entrepreneurship dengan pengusaha terkemuka tanah air sebagai wadah display produk kreativitas, yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara dengan keunikan dan keberagaman kerajinan di Kota Banjarbaru.(bersambung)