Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaHeadlineMiris, Ratusan Hektar Sawah di Martapura Timur Terendam Banjir

Miris, Ratusan Hektar Sawah di Martapura Timur Terendam Banjir

Link, Martapura – Ratusan petani di Kecamatan Martapura Timur hanya bisa pasrah melihat sawah yang baru ditanami bibit padi terendam banjir. Ironisnya, ketinggian hari dari hari ke hari kian naik hingga menenggelamkan tanam padi berusia muda.

Camat Martapura Timur Guslan mengatakan, bahwa sudah ada empat desa terdampak bencana banjir luapan dari air Sungai Martapura, yakni Desa Keramat, Keramat Baru, Pekauman, dan Desa Melayu.

“Untuk Desa Keramat, air sudah menggenangi sebagian ruas Jalan Makam di RT 001 dua titik, ruas jalan Martapura Lama di RT002, dan RT005 dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 5 Cm hingga 20 Cm,” ucapnya.

Sedangkan untuk lahan sawah terendam banjir per tanggal 10 Juni, lanjut Guslan menjelaskan, yakni terjadi di 15 desa dengan total luasan lahan yang terendam 201,5 Hektar berdasarkan data dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Baca juga  Kebanjiran, Keluhan Warga Direspon Ketua DPRD Banjar

“Seluas 4 Hektar lahan pertanian di Desa Keramat Baru terendam, di Desa Keramat 15 Hektar, Desa Sungai Kitano 20 Hektar, Pematang Baru 18 Hektar, Pematang Baru 18 Hektar dengan lacakan padi 65 Kg, padi semai 10 Kg,” beber Guslan.

Begitu juga untuk lahan pertanian seluas 10 Desa Melayu Tengah terendam banjir, serta lahan pertanian seluas 6 Hektar di Desa Melayu Ulu, Melayu Ilir 5 Hektar, Antasan Senor 0,5 Hektar, Pekauman Dalam 3 Hektar, Akar Baru 20 Hektar, Akar Bergantung 45 Hektar, Tambak Anyar Ilir 7 Hektar, Pekauman 10 Hektar, Dalam Pagar Ulu 5 Hektar, Dalam Pagar 8 Hektar, Antasan Senor 4 Hektar, Tambak Anyar 11 Hektar, Tambak Anyar Ulu 10 Hektar. (zainuddin)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER