Senin, Juli 22, 2024
BerandaLinkTeritoriMTQN XLVII Kabupaten Banjar Akan Diikuti 659 Peserta 

MTQN XLVII Kabupaten Banjar Akan Diikuti 659 Peserta 

Link, Martapura – Sebanyak 673 peserta putra-putri Kabupaten Banjar, mengikuti verifikasi faktual untuk MTQN XLVII Tingkat Kabupaten Banjar Li Syiaril Islam 2024. Sebelumnya, calon peserta tersebut telah mengikuti pendaftaran dan verifikasi secara online pada 3 Juni hingga 3 Juli 2024., pada Selasa (9/7/2024) sejumlah calon peserta MTQ Nasional XLVII Tingkat Kabupaten Banjar Li Syiaril Islam Tahun 2024, jalani tahapan verifikasi faktual, di Gedung Islamic Center KH M Djazuli Seman Martapura.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Banjar H Masruri mengatakan, dari jumlah tersebut, 659 diantaranya dinyatakan memenuhi syarat dan siap berlomba pada MTQN yang dihelat di Kecamatan Sungai Tabuk pada 24 – 27 Juli 2024.

“Alhamdulillah tahapan verifikasi faktual berjalan lancar, dari verifikasi faktual selama dua hari ini 673 peserta terdaftar, tapi yang memenuhi syarat ikut lomba 659 orang,”ujarnya.

Dengan adanya verifikasi online dan secara faktual tersebut Masruri berharap peserta MTQN yang terdaftar betul-betul sesuai dengan ketentuan MTQN secara nasional. Sehingga bagi yang berprestasi pada suatu cabang lomba, dapat terus melanjutkan berkompetisi secara berjenjang sampai ke tingkat nasional.

Baca juga  Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Awang Bangkal Timur, Ada Apa???

Masruri merinci, ada 50 cabang yang akan dilombakan pada MTQN tersebut. Terdiri dari 46 cabang lomba secara individual dan 4 cabang secara beregu.

Cabang lomba secara individual diantaranya, Tilawah anak-anak, remaja, dewasa dan cacat netra, Tartil anak-anak, Qiraat murattal, Qiraat mujawwad, Hifdhzul quran 1 juz dan tilawah, Hifdhzul quran 5 juz dan tilawah, Hifdhzul quran 10, 20 dan 30 juz, Tafsir Al quran (Berbahasa Indonesia, Arab, dan Inggris), Kaligrafi khattil quran dengan 6 kategori (diantaranya, naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer), Karya tulis ilmiah al quran, Hafalan 100 hadits dengan sanadnya dan Hafalan 500 hadits tanpa sanad.

“Sedangkan cabang lomba beregu diantaranya adalah Syarhil quran dan Fahmil quran,” tutupnya.

Sekedar untuk diketahui pada pelaksanaan MTQN Nasional ke XLVI tahun 2023 yang berlangsung di Kecamatan Gambut, keluar sebagai juara umum dan memboyong piala bergilir Bupati Banjar adalah kafilah dari Kecamatan Sambung Makmur. (wahyu)

BERITA TERKAIT

TERPOPULER