Minggu, Juni 23, 2024
BerandaHeadlinePanwaslu Kelurahan Se-Kota Banjarbaru, Siap Awasi Pemilu 2024

Panwaslu Kelurahan Se-Kota Banjarbaru, Siap Awasi Pemilu 2024

Link, Banjabaru- Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah semakin dekat, tentunya diperlukan pengawasan dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru melantik sedikitnya 20 orang sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan se-Kota Banjarbaru.

Diketahui setidaknya ada 135 orang yang lolos administrasi dalam pemilihan panwaslu, terdiri dari 58 laki-laki dan 77 perempuan. Namum, yang lolos sampai  tahap pelantikan dan sumpah janji jabatan hanya 20 orang.

“Kami memilih 1 orang disetiap Kelurahan sehingga ada 20 orang yang dilantik menjadi panwaslu, karena di Kota Banjarbaru ada 20 Kelurahan,” ungkap Dahtiar, Ketua Bawaslu, Senin (6/2/2023).

Setelah dilantik, panwaslu ini memili tugas untuk melakukan pengawasan terhadap Pemilu 2024. Tentunya membantu, jajaran pengawas yang ada di Kecamatan yaitu Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Baca juga  Pemudik Gratis Pemko Banjarbaru Diberangkatkan Walikota

“Sebelumnya kami sudah melantik Panwascam ada 15 orang yang tersebar di 5 Kecamatan se-Kota Banjarbaru,” tambahnya.

Setelah ini, kedepannya pihaknya akan membentuk pengawas TPS. Dimana setiap TPSnya ada satu orang yang mengawasi TPS tersebut. Hal ini, tak luput dari kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru.

Diketahui bahwa saat ini, KPU Kota Banjarbaru sedang menyusus Paniti Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang nantinya akan ditunjuk satu orang, untuk satu TPS. Sementara untuk di Kota Banjarbaru, KPU akan menyiapkan 199 TPS. (wahyu/BBAM)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

TERPOPULER