Selasa, Mei 21, 2024

Pemprov Kalsel Salurkan Bantuan Posko Dapur Umum Untuk Korban Banjir Cempaka

Link, Banjarbaru – Dinas sosial Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinsos Kota Banjarbaru, Tagana, dan Kampung Siaga Bencana (KSB) Trisakti, membuka posko dapur umum untuk korban banjir di Kelurahan Cempaka dan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Senin (5/9/2022).

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel Achmadi mengatakan, hal tersebut sesuai instruksi Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor untuk segera terjun ke lapangan memberikan respon percepatan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kalsel.

“Sesuai instruksi pak Gubernur melalui Dinsos Kalsel untuk segera terjun ke lapangan, memberikan respon percepatan bantuan terutama untuk pengurangan resiko bencana termasuk juga pemulihan korban bencana,” tuturnya.

Salah satunya, membuka dapur umum lapangan, karena dinsos salah satu tugas pokoknya yakni memberikan bantuan permakanan 3 kali sehari kepada penyintas banjir.

“Yang kami bawa hari ini adalah bantuan untuk dapur umum lapangan. Walau sifatnya darurat kalau ada kurang Pemprov Kalsel siap kirim lagi,” ucapnya.

BACA JUGA  Tak Sesuai Izin Kafe D'Legend Disegel 1 Bulan

Pemprov Kalsel kata Achmadi, siap membantu jika terjadi kekurangan bantuan pihaknya siap mendistribusikan lagi dalam rangka tanggap darurat.

“Yang kami bawa hari ini ada beras, sarden, mie instan, air mineral, gula, kopi dan bahan makanan dasar lainnya untuk warga penyintas banjir,” tuturnya.

Dilanjutkannya, bantuan lain seperti kasur, tikar, selimut dan lainnya akan segera menyusul untuk sementara hanya mendatangkan bantuan dapur umum.

“Kebutuhan lainnya nanti akan segera kita penuhi, di KSB dan dinsos kota Banjarbaru nanti kita akan isi lagi. Tidak ada masalah untuk kebutuhan logistik kita akan siap dorong di semua Kabupaten Kota” tuturnya.

Selain di Banjarbaru, dinsos Kalsel baru-baru ini juga mendistribusikan bantuan di wilayah Tanah bumbu, Tanah laut dan Kotabaru.

“Jadi kami beberapa hari yang lalu juga memberikan bantuan tanggap darurat di kecamatan jorong, kabupaten tapin. Saat ini yang kita waspadai adalah daerah Tanah laut dan Tanah bumbu ini pasti akan terulang,” tuturnya.

BACA JUGA  Molor,  PUPR Sebut Proyek Embung Cempaka Selesai

Masih kata Achmadi, hujan mengguyur wilayah Kalsel secara merata sejak beberapa waktu lalu. Dirinya berharap tidak semua wilayah di Kalsel terdampak banjir. Pemprov Kalsel gerak cepat bekerjasama dinsos Kabupaten Kota siap saling bersinergi dalam penanganan bencana di Kalsel.

“Hujannya merata, 13 kabupaten kota terdampak curah hujan ini. Mudah-mudahan tidak semua terjadi bencana banjir. Dengan gerak cepat Pemprov Kalsel bekerjasama Dinsos Kabupaten Kota terutama Dinsos Kota Banjarbaru, Camat Cempaka dan Lurah sungai Tiung, Alhamdulillah kita bisa bersinergi dalam menangani bencana ini,” ucapnya.

Achmadi menambahkan, kantong-kantong bencana harus diisi salah satunya KSB Trisakti di sungai Tiung merupakan binaan dari Dinson Provinsi Kalsel dalam menghadapi bencana di wilayahnya.

“Salah satu kawan-kawan yang melaksanakan dapur umum di kecamatan Cempaka ini adalah dari KSB Trisakti binaan Pemprov Kalsel,” ucapnya. (juwita/BBAM)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERPOPULER